NEWSTICKER
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. FOTO: Kemenko Perekonomian
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. FOTO: Kemenko Perekonomian

AS-Iran memanas, Airlangga Ingatkan Potensi Harga Minyak Naik

Ekonomi minyak mentah
Antara • 09 Januari 2020 08:31
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan bahwa konflik antara Amerika Serikat (AS) dan Iran yang memanas berpotensi meningkatkan harga minyak dunia. Tentu hal semacam ini diharapkan tidak terjadi dan kedua negara bisa segera meredakan ketegangan.
 
"Bagi Indonesia, tentu kita akan melihat di satu pihak perbedaan antara palm oil dan gasoiln jadi menyempit," kata Airlangga, di Kemenko Perekonomian, Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Kamis, 9 Januari 2020.
 
Di sisi lain, lanjut dia, kondisi tersebut akan menimbulkan konsekuensi terhadap perbedaan harga minyak di pasaran. Meski demikian, pemerintah akan terus memantau situasi dan perkembangan lanjutan di kawasan Timur Tengah tersebut.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, serangan balik Iran ke basis militer AS memicu melemahnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). IHSG Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu pagi, dibuka melemah seiring serangan balik Iran ke basis militer AS di Irak.
 
Iran menggempur pangkalan udara Irak al Asad pada Rabu pagi, yang menampung pasukan Amerika Serikat, beberapa jam seusai pemakaman komandan militer Iran Qassem Soleimani. Jenderal itu tewas dalam serangan pesawat nirawak di Baghdad dan kematiannya meningkatkan kekhawatiran perang yang lebih luas di Timur Tengah.
 
Sementara itu, Presiden AS Donald Trump telah menerima laporan singkat soal serangan terhadap fasilitas AS di Irak dan sedang memantau situasinya, kata juru bicara Gedung Putih Stephanie Grisham.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif