Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

Harga Minyak Naik setelah Laporan Korban Korona Menurun

Ekonomi minyak Virus Korona
Antara • 13 Februari 2020 09:00
New York: Harga minyak naik lebih dari tiga persen pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), ketika Tiongkok melaporkan jumlah terendah harian kasus virus korona baru sejak akhir Januari, yang memicu investor untuk berharap bahwa permintaan bahan bakar di konsumen minyak terbesar kedua di dunia itu mulai pulih.
 
Dikutip dari Antara, harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman April naik USD1,78 per barel atau 3,3 persen menjadi USD55,79 per barel. Sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret ditutup USD1,23 atau 2,5 persen lebih tinggi menjadi USD51,17 per barel.
 
Persediaan minyak mentah AS naik 7,5 juta barel pekan lalu. Badan Informasi Energi AS (EIA) mengatakan angka itu diatas ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters untuk kenaikan tiga juta barel.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Permintaan bensin mulai rebound, dan penarikan moderat dalam bahan bakar sulingan membantu mengimbangi bearish, mengangkat minyak mentah," kata John Kilduff, seorang mitra di Again Capital di New York.
 
Menurut data hingga Selasa, tingkat pertumbuhan kasus virus korona baru di Tiongkok telah melambat ke level terendah sejak 30 Januari.
 
Pembatasan perjalanan ke dan dari Tiongkok dan karantina telah mengurangi penggunaan bahan bakar. Dua kilang terbesar Tiongkok mengatakan mereka akan mengurangi pemrosesan sekitar 940 ribu barel per hari (bph) sebagai akibat dari penurunan konsumsi, atau sekitar tujuh persen dari proses pengolahan 2019 mereka.
 
Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) memangkas perkiraan kenaikan permintaan minyak karena virus korona sebesar 230 ribu barel per hari. Pemerintah AS juga telah memangkas perkiraan pertumbuhan produksi migas untuk tahun ini sebesar 310 ribu barel per hari.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif