Illustrasi. Dok : AFP.
Illustrasi. Dok : AFP.

Perang Dagang Masih Jadi Momok Indeks Acuan Shanghai

Ekonomi tiongkok Perang dagang
30 Desember 2018 17:40
Shanghai: Kejatuhan Indeks Acuan Shanghai di akhir 2018 sebesar 24,6 persen secara year on year merupakan akibat dari tingginya tensi perang dagang dengan negara adikuasa Amerika Serikat.
 
Indeks acuan di kota itu ditutup berada pada level 2.493 sementara indeks acuan yang lebih kecil Shenzen berada pada 1.267. Kombinasi kapitalisasi pasar keduanya mengalami kejatuhan kapitalisasi pasar sebesar USD2,4 triliun atau mencapai 43,3 triliun yuan, setara USD6,3 triliun, selama tahun lalu berdasarkan data perusahaan equity terbesar di Tokyo sebagaimana dikutip dari SCMP, Minggu, 30 Desember 2018.
 
Analis Huatai United Sekuritas Li Wenhui menjelaskan bahwa pasar modal menjadi barometer dari kesehatan ekonomi suatu negara. Kejatuhan pasar modal Tiongkok menggambarkan adanya masalah dalam ekonomi Tiongkok. Li mengacu kepada rendahnya pertumbuhan ekonomi negeri komunis itu yang mencapai 6,5 persen pada kuartal III-2018 atau menjadi yang terendah dari 1992.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan hasil survey Nikkei terhadap 32 ekonom bernada pesimistis dengan memproyeksikan pertumbuhan ekonomi tiongkok mencapai 6,2 persen di 2019 yang merupakan pertumbuhan ekonomi tahunan terburuk dalam tiga dekade terakhir.
 
Ryan Chan Direktur perusahaan sekuritas dan pialang Eddid menjelaskan kalau perang dagang akan menghantui pertumbuhan ekonomi global dan investor global. Pertumbuhan ekonomi AS akan melambat sementara Tiongkok berjuang melawan besarnya utang korporasi. Namun ekonomi Tiongkok bisa kembali membaik jika pemerintah Tiongkok memberikan kelonggaran likuiditas pada tahun depan di tengah perlambatan ekonomi.
 
"Pertumbuhan ekonomi akan membaik pada pertengahan tahun ini, ekonomi akan stabil dan aliran modal yang keluar akan kembali masuk lagi," kata Zhang Xia, Kepala Strategis di Sekuritas Dagang China. Survey Bloomberg yang melibatkan banyak analis memperkirakan Shanghai Indeks akan naik 18 persen pada tahun depan dengan mencapai 2.950 dengan median di level 2.350 hingga 3.300.
 

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi