Lambang Malaysia, Petronas. (FOTO: Ilustrasi AFP)
Lambang Malaysia, Petronas. (FOTO: Ilustrasi AFP)

Bank Dunia Turunkan Perkiraan Pertumbuhan Ekonomi Malaysia

Ekonomi bank dunia malaysia
Ade Hapsari Lestarini • 01 Juli 2019 18:14
Kuala Lumpur: Bank Dunia telah menurunkan pertumbuhan ekonomi Malaysia tahun ini menjadi 4,6 persen, dari 4,7 persen karena investasi dan aktivitas ekspor yang lebih lemah dari perkiraan.
 
Melansir Xinhua, Senin, 1 Juli 2019, Bank Dunia mengatakan dalam laporannya, perkiraan pertumbuhan yang disesuaikan adalah karena integrasi keuangan dan perdagangan dalam Malaysia dengan ekonomi global, ketegangan perdagangan yang tidak terselesaikan, meningkatnya kecenderungan proteksionis di antara ekonomi-ekonomi utama, perlambatan yang lebih tajam dari perkiraan ekonomi, juga karena volatilitas di pasar keuangan dan komoditas berisiko terhadap pertumbuhan dalam waktu dekat.
 
Sementara konsumsi swasta diperkirakan akan terus mendukung permintaan domestik. Pertumbuhannya diproyeksikan melambat menjadi 6,6 persen tahun ini, menurut laporan itu. Ekspor Malaysia juga diproyeksikan akan tumbuh pada laju yang lebih moderat, yaitu 0,7 persen pada 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Prospek pertumbuhan Malaysia terus menghadapi risiko penurunan dengan potensi peningkatan ketegangan perdagangan dan lingkungan bisnis yang lebih tenang. Tingkat utang publik negara yang relatif tinggi akan terus membatasi jumlah ruang fiskal," kata Direktur Bank Dunia untuk Brunei, Malaysia, Filipina, dan Thailand,Mara Warwick.
 
Dengan lingkungan eksternal yang tidak pasti dan kepercayaan bisnis yang lemah, ia berpendapat bahwa tindakan kebijakan Malaysia harus bertujuan untuk memperkuat buffer fiskal, memfasilitasi investasi swasta, dan memastikan perlindungan sosial yang memadai untuk rumah tangga berpendapatan rendah.
 
Dalam jangka menengah, diperlukan reformasi dan langkah-langkah berani, terutama untuk meningkatkan modal manusia dan meningkatkan tingkat pendapatan sektor publik.
 
Bank Dunia juga mengharapkan ekonomi Malaysia tumbuh pada kecepatan yang sama di 2020. Ekonomi Malaysia tumbuh pada kecepatan yang lebih rendah 4,5 persen pada kuartal pertama. Tahun lalu, ekonomi negara itu tumbuh 4,7 persen.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif