NEWSTICKER
Ilustrasi. AFP Photo/Frederic J Brown
Ilustrasi. AFP Photo/Frederic J Brown

Yuan Terus Tertekan Dolar AS

Ekonomi ekonomi china tiongkok
Antara • 24 Februari 2020 09:53
Beijing: Kurs tengah yuan Tiongkok melemah lagi sebanyak 36 basis poin menjadi 7,0246 terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada Senin. Kondisi itu merupakan penurunan hari kelima berturut-turut, menurut Sistem Perdagangan Valuta Asing China (CFETS).
 
Mengutip Antara, Senin, 24 Februari 2020, di pasar spot valuta asing Tiongkok, yuan diperbolehkan naik atau turun sebesar dua persen dari tingkat paritas tengahnya setiap hari perdagangan. Kurs tengah yuan terhadap USD didasarkan rata-rata tertimbang harga yang ditawarkan pelaku pasar sebelum pembukaan pasar uang antarbank pada setiap hari kerja.
 
Di sisi lain, Pemerintah Korea Selatan (Korsel) dilaporkan telah meningkatkan kewaspadaan menyusul lonjakan tajam kasus virus korona baru jenis Covid-19. Presiden Korsel Moon Jae In menyatakan bahwa negaranya menaikkan tingkat kewaspadaan ke level tertinggi setelah jumlah yang terinfeksi bertambah tiga kali lipat sepanjang akhir pekan menjadi 602 orang.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, pihak berwenang Italia dan Iran mengambil langkah-langkah pencegahan secara drastis mengingat epidemi tersebut telah menewaskan hampir 2.500 orang di Tiongkok. Bursa saham Eropa turut mengalami pelemahan. FTSE dan Eurostoxx masing-masing turun sebesar 0,44 persen dan 0,59 persen.
 
Pada pagi hari ini bursa saham regional dibuka melemah. ASX turun sebesar 1,89 persen dan Kospi minus 2,12 persen. Sedangkan hari ini bursa saham Nikkei libur karena memperingati hari ulang tahun kaisar.
 
Sedangkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan Senin pagi terpantau melemah dibandingkan dengan perdagangan sore di akhir pekan lalu di posisi Rp13.760 per USD. Mata uang Garuda masih sulit menggilas mata uang Paman Sam di tengah merebaknya virus korona di beberapa negara di luar Tiongkok.
 
Mengutip Bloomberg, Senin, 24 Februari 2020, nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi dibuka tertekan ke Rp13.777 per USD. Pagi ini nilai tukar rupiah bergerak di kisaran Rp13.777 hingga Rp13.805 per USD. Sedangkan menurut Yahoo Finance nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.565 per USD.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif