Ilustrasi. FOTO: Katie SCHUBAUER/AFP
Ilustrasi. FOTO: Katie SCHUBAUER/AFP

Harga Minyak Dunia Melambung

Ekonomi minyak mentah
Angga Bratadharma • 07 Desember 2019 09:01
New York: Harga minyak dunia terpantau melambung pada Jumat waktu setempat (Sabtu WIB), ketika Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya sepakat untuk memperdalam pengurangan produksi. Meski demikian, ketegangan perdagangan yang dipicu Amerika Serikat (AS) masih menjadi persoalan tersendiri.
 
Mengutip Xinhua, Sabtu, 7 Desember 2019, West Texas Intermediate untuk pengiriman Januari ditutup 77 sen lebih tinggi dan menjadi UDS59,20 per barel di New York Mercantile Exchange. Minyak mentah brent untuk pengiriman Februari naik USD1 menjadi USD64,39 per barel di London ICE Futures Exchange.
 
OPEC dan sekutunya sepakat untuk meningkatkan pengurangan produksi sebanyak 500 ribu barel per hari, sehingga total pemotongan menjadi 1,7 juta barel per hari, menurut sebuah pernyataan yang dirilis oleh OPEC. Penyesuaian tambahan ini akan efektif pada 1 Januari 2020 dan tunduk pada kepatuhan penuh oleh setiap negara yang berpartisipasi, kata OPEC.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


OPEC, Rusia dan produsen lainnya telah membatasi produksi minyak sejak 2017 untuk meningkatkan harga. Pada Juli, aliansi sepakat untuk memperpanjang pengurangan produksi 1,2 juta barel per hari selama sembilan bulan. Pakta ini berlaku hingga Maret 2020.
 
Di sisi lain, bursa saham Amerika Serikat ditutup lebih tinggi pada Jumat waktu setempat (Sabtu WIB), karena laporan pekerjaan yang optimistis mengangkat sentimen investor. Meski demikian, ketegangan perdagangan akibat Presiden Donald Trump menyerukan perang dagang dengan sejumlah negara memicu kekhawatiran tersendiri.
 
Indeks Dow Jones Industrial Average naik sebanyak 337,27 poin atau 1,22 persen menjadi 28.015,06. Sementara S&P 500 meningkat 28,48 poin atau 0,91 persen menjadi 3.145,91. Indeks Komposit Nasdaq naik 85,83 poin atau 1,00 persen menjadi 8.656,53.
 
Sebagian besar dari komponen 30 Dow Jones diperdagangkan di wilayah hijau, dengan 3M Co dan Goldman Sachs masing-masing bertambah 4,32 persen dan 3,44 persen, menjadi dua pemenang teratas. Sebanyak 10 dari 11 sektor utama S&P 500 diperdagangkan dengan catatan optimistis, dengan sektor energi naik dua persen.
 
Angka resmi yang dirilis menunjukkan bahwa pengusaha-pengusaha AS menambahkan 266 ribu pekerjaan pada November, dan tingkat pengangguran turun sedikit menjadi 3,5 persen. Peningkatan lapangan pekerjaan terutama terjadi di jasa-jasa kesehatan dan layanan profesional serta teknis, laporan itu menunjukkan.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif