Grafik Ekonomi AS Berubah sejak Trump jadi Presiden

Angga Bratadharma 22 Oktober 2018 12:01 WIB
ekonomi amerika
Grafik Ekonomi AS Berubah sejak Trump jadi Presiden
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (AFP/Jim WATSON)
New York: Sejak Donald Trump memenangkan kursi kepresidenan di Amerika Serikat, dia telah memimpin dua hal yang cukup berseberangan yakni masa politik yang penuh gejolak dan di sisi lain ekonomi terbilang mencapai kinerja terbaik sejak sebelum krisis keuangan. Dari sisi ekonomi, grafik mulai berubah ketika dirinya berkantor di Gedung Putih.

Baca juga: Analis Yakin IHSG Lanjutkan Kinerja Ciamik

Mengutip CNBC, Senin, 22 Oktober 2018, kepercayaan konsumen dan usaha kecil telah meningkat tetapi sayangnya kondisi itu juga diimbangi oleh naiknya utang nasional dan defisit anggaran. Adanya kenaikan utang dan defisit tentu harus menjadi perhatian agar tidak menimbulkan risiko sistemik bagi Amerika Serikat.

Data yang disusun dalam sebuah grafik, menggunakan sebagian besar data yang dikumpulkan oleh Goldman Sachs, mengkuantifikasi seberapa banyak hal berubah dari hari-hari sebelum pemilihan pada November 2016 hingga September 2018.



Tentu saja, pasar saham telah melemah pada Oktober, yang merupakan bulan yang paling cepat berubah secara historis. Grafik tidak termasuk Produk Domestik Bruto (PDB), yang memiliki rata-rata 2,72 persen sejak Trump mengambil alih, dibandingkan dengan kenaikan 1,6 persen pada 2016.

Baca Juga: Harga Emas Dunia "Terbang" Lebih Tinggi

Tetapi angka-angka memberikan gambaran yang kuat tentang bagaimana kondisi telah berevolusi selama waktu Presiden ke-45 ini ada di kantor. Tidak ditampik, di Pemerintahan Trump, perekonomian AS mampu mencetak kinerja yang kuat. Namun sayangnya, kondisi itu yang akhirnya membuat Federal Reserve terus menaikkan suku bunga acuan.

 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id