Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

Apa itu Dovish dan Hawkish?

Ekonomi Ekonomi Amerika The Fed Bank Sentral Glosarium
Angga Bratadharma • 27 Januari 2022 06:46
Jakarta: Para investor terus memantau arah kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS) terutama terkait suku bunga. Namun, berbagai macam sentimen datang tak terbendung dan menciptakan kebingungan bagi para pejabat The Fed untuk bersikap. Kondisi itu terkadang membuat Federal Reserve lebih hawkish dan tak jarang dovish.
 
Namun, masih banyak yang tidak mengetahui apa itu dovish dan hawkish. Bagi investor pemula atau mereka yang masih awam, istilah dovish dan hawkish tentu masih membingungkan atau mungkin tak jarang arti dari keduanya sering tertukar.
 
Disarikan dari berbagai macam sumber, pada dasarnya akar dari istilah dovish dan hawkish diambil dari dua jenis hewan yakni hawk yang berarti elang dan dove yang berarti merpati. Kedua hewan itu mewakili dua hal yang berlawanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dove atau merpati merupakan simbol hewan yang jinak, penurut, dan lembut. Sebaliknya, hawk atau elang merupakan simbol hewan yang agresif, penyerang, dan mampu terbang dengan cepat menukik menuju target mangsanya.
 
Secara umum, dovish dan hawkish lebih diartikan oleh para investor sebagai sebuah sinyal, indikator, dan bahkan peringatan sebelum terjadinya situasi yang disebut bullish atau bearish. Dengan kata lain, dovish dan hawkish adalah pra, sedangkan bullish dan bearish adalah pasca.
 
Ketika berkaitan dengan arah kebijakan bank sentral suatu negara, hawkish adalah kemungkinan bank sentral menaikkan suku bunga atau memperketat kebijakan moneter karena ada sesuatu yang harus direspons dan dicapai untuk menjaga stabilitas dari sisi moneter.
 
Bank sentral menyampaikan pesan hawkish, mengartikan bank sentral memberi isyarat atau sinyal mereka segera menaikkan suku bunga atau menaikkan suku bunga dalam waktu tertentu dengan kecepatan yang lebih cepat dari ekspektasi sebelumnya.
 
Dalam teorinya, sikap hawkish atau rencana kenaikan suku bunga bakal direspons positif karena berpotensi meningkatkan imbal hasil yang diterima dalam instrumen investasi di suatu negara. Namun tak menutup kemungkinan kenaikan keuntungan tak maksimal jika pelaku pasar sudah melakukan antisipasi.
 
Sebagai contoh, Ketua The Fed Jerome Powell dalam banyak kesempatan menggaungkan kenaikan suku bunga di 2022 untuk memerangi inflasi yang melonjak. Dalam hal ini, pernyataan Powell adalah hawkish.

Pengertian dovish

Sedangkan untuk dovish adalah kebalikannya dari hawkish. Dovish adalah kemungkinan bank sentral untuk menunda melakukan kenaikan suku bunga atau melonggarkan kebijakan moneter.
 
Jika bank sentral menyampaikan pernyataan bernada dovish maka mengartikan bank sentral cenderung menahan atau menunda kenaikan suku bunga, atau malah menurunkan suku bunga, menambah stimulus moneter, atau melakukan variasi kebijakan yang terukur.
 
Pesan dovish biasanya diidentikan dengan situasi dan kondisi di sebuah negara yang kurang stabil atau buruk. Bisa juga dikatakan apabila pejabat bank sentral sebuah negara mengeluarkan pernyataan yang dovish maka ditangkap sebagai ungkapan ketidakyakinan dan imbasnya membuat kepercayaan para investor atas negeri tersebut berkurang.
 
Sebagai contoh, sebelum The Fed benar-benar menaikkan suku bunga pada akhir 2016, sejak pertengahan tahun sebenarnya rencana kenaikan sudah mulai digaungkan. Namun, saat petinggi The Fed kemudian memberikan pernyataan kenaikan suku bunga belum saatnya karena perekonomian masih lesu maka saat itu lah pernyataan bank sentral disebut dovish.
 
Terlepas dari itu semua, bukan berarti hawkish merugikan dan dovish menguntungkan atau sebaliknya. Kesemuanya akan tergantung dari situasi dan kondisi pada waktu tersebut. Karenanya penting bagi pelaku pasar atau para investor untuk memahami kedua indikator secara baik.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif