Gedung Putih. FOTO: AFP PHOTO/Karen BLEIER
Gedung Putih. FOTO: AFP PHOTO/Karen BLEIER

Gedung Putih: Pajak Perusahaan Minimum Global Kunci Pendekatan Multilateral

Ekonomi Ekonomi Amerika
Angga Bratadharma • 26 Mei 2021 10:01
Washington: Gedung Putih menekankan bahwa upaya untuk memberlakukan pajak perusahaan minimum secara global adalah prioritas utama bagi Presiden Joe Biden. Adapun upaya untuk membujuk sekutu agar mengadopsi pajak minimum dimotivasi oleh faktor ekonomi dan keamanan nasional.
 
"Ini bukan hanya masalah pajak. Ini tentang bagaimana kami mendanai inisiatif yang menurut kami penting untuk pembaruan domestik kami," kata Daleep Singh, yang menjabat sebagai Wakil Penasihat Keamanan Nasional dan Wakil Direktur Dewan Ekonomi Nasional, dilansir dari CNBC International, Rabu, 26 Mei 2021.
 
Singh menjelaskan menyatukan Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi di balik pajak minimum akan memberi semua anggota kesempatan untuk bersaing semata-mata berdasarkan kemampuan mereka untuk mendorong inovasi dan kecerdikan tenaga kerja mereka masing-masing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Departemen Keuangan AS telah memimpin dalam mencoba membujuk negara-negara kontemporer untuk mengadopsi pajak minimum global. Departemen tersebut mengumumkan target 15 persen dan mengatakan bahwa hal itu didorong oleh percakapan awal dengan pejabat asing dalam seminggu terakhir.
 
"Pajak minimum global juga akan memungkinkan pemerintah menghasilkan pendapatan yang lebih baik untuk proyek-proyek domestik yang dianggap penting oleh Pemerintahan Biden untuk keamanan nasional," kata Singh.
 
"Strategi keamanan nasional kami didasarkan pada pembaruan domestik. Jadi, jenis tantangan yang saya jelaskan sebelumnya -ketidaksetaraan yang kami amati, sangat pentingnya mengatasi krisis iklim yang ada, dan orang-orang yang keluar dari angkatan kerja- pemerintah harus memainkan peran yang lebih aktif dalam mengatasi tantangan tersebut," tambahnya.
 
Departemen Keuangan AS dengan cepat mencatat bahwa proposal 15 persen, di bawah beberapa perkiraan, harus dianggap sebagai semacam lantai dan pembicaraan selanjutnya pada akhirnya dapat mendorongnya lebih tinggi.
 
Sedangkan Menteri Keuangan AS Janet Yellen telah berulang kali menekankan pentingnya menghentikan 'perlombaan pajak ke bawah' internasional mengenai tarif pajak perusahaan global. Jika koalisi negara menyetujui tarif 15 persen, itu dapat membantu pemerintah meningkatkan pendapatan dan mencegah yurisdiksi tertentu memonopoli pasar untuk pendirian.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif