Presiden AS Joe Biden. FOTO: AFP/MANDEL NGAN
Presiden AS Joe Biden. FOTO: AFP/MANDEL NGAN

Ledakan Inflasi AS Jadi Tantangan Ekonomi dan Politik Utama Joe Biden

Ekonomi Ekonomi Amerika The Fed joe biden Inflasi AS
Angga Bratadharma • 12 Mei 2022 14:04
Washington: Dengan lonjakan harga yang merusak kenaikan upah dan merugikan keluarga Amerika Serikat (AS), Presiden AS Joe Biden mengatakan memerangi inflasi yang tinggi adalah prioritas utama. Akan tetapi, kemungkinan Biden memiliki alat terbatas untuk mengatasi masalah tersebut.
 
Biden, yang popularitasnya terpukul di tengah inflasi tertinggi dalam empat dekade, menyoroti upayanya untuk memerangi gejolak harga sambil menarik kontras dengan kebijakan yang diusulkan oleh oposisi Partai Republik.
 
"Saya ingin setiap orang Amerika tahu, saya menangani inflasi dengan sangat serius, dan itu adalah prioritas domestik utama saya. Saya tahu bahwa keluarga di seluruh Amerika terluka karena inflasi," klaim Biden, di Gedung Putih, dilansir dari Channel News Asia, Kamis, 12 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden AS menyalahkan banyak atas lonjakan baru-baru ini pada pemimpin Rusia Vladimir Putin dan invasinya ke Ukraina. Serangan pada akhir Februari menyebabkan lonjakan tajam harga energi, dan kemudian mulai mendorong harga pangan lebih tinggi juga.
 
"Saya tahu Anda pasti frustasi. Percayalah, saya mengerti rasa frustasi itu," klaim Biden.

Memperlambat upaya mengelola tekanan ekonomi

Lebih lanjut, Biden mengeklaim, agenda ekstrem Partai Republik telah melakukan segalanya untuk memperlambat upaya mengelola tekanan ekonomi. Biden meyakinkan orang Amerika, Federal Reserve bertindak untuk mengurangi tekanan inflasi, yang disebutnya tantangan utama yang dihadapi ekonomi.
 
Bank sentral AS pekan lalu mengumumkan kenaikan terbesar dalam suku bunga acuan pinjaman sejak 2000, kenaikan kedua sejak Maret karena bergerak untuk dengan cepat menarik kembali stimulus yang diberlakukan selama pandemi.
 
Ekonomi terbesar di dunia itu bangkit kembali dari kerusakan ekonomi yang ditimbulkan oleh pandemi covid-19, dibantu oleh biaya pinjaman murah dan stimulus besar-besaran pemerintah. Tetapi dengan pandemi yang masih mencengkram bagian lain dunia, gangguan rantai pasokan global menyebabkan harga mobil dan produk lainnya melonjak.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif