Ekonomi Indonesia. Foto : AFP.
Ekonomi Indonesia. Foto : AFP.

RI Dinilai Bisa Bantu Pulihkan Ekonomi di Kawasan Regional

Ekonomi asean Ekonomi Indonesia
Annisa ayu artanti • 19 November 2020 14:37
Jakarta: Perwakilan Bisnis KTT APEC Business Advisory Council (APBAC) menekankan perlu ada integrasi ekonomi di kawasan Asia-Pasifik guna membantu pemulihan ekonomi regional. Ketua ABAC Indonesia Anindya Bakrie mengatakan salah satu dukungan tersebut melalui keterbukaan investasi dan industri.
 
"Indonesia sebagai ekonomi terbesar di ASEAN dengan potensi pertumbuhan yang tinggi dalam jangka panjang akan menjadi fondasi pertumbuhan ekonomi global," kata Anindya dalam konferensi pers virtual, Kamis, 19 November 2020.
 
Menurutnya, meskipun aktivitas supply chain dan manufaktur Indonesia saat ini masih relatif kecil. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi untuk bisa berkontribusi lebih besar dalam global supply chain, sehingga stabilitas output dunia dapat lebih terjaga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Indonesia optimis untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang solid karena perbaikan fundamentalnya. Namun, penerapan kebijakan integrasi ekonomi regional melalui Free Trade Area of the Asia-Pacific (FTAAP) di dalam APEC, akan mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia dan Asia-Pasifik secara keseluruhan," jelasnya.
 
Adapun sebagai dukungan Indonesia untuk mencapai pemulihan ekonomi di Asia-Pasifik, pemerintah Indonesia telah mengesahkan Omnibus Law Cipta Kerja, yang menyederhanakan hambatan regulasi, menciptakan iklim investasi yang mendukung, dan memberikan kepastian hukum bagi bisnis dan investor. Omnibus Law diharapkan dapat meningkatkan kemudahan berusaha di Indonesia, dan menjadi katalisator percepatan pemulihan ekonomi di daerah.
 
Selanjutnya, Indonesia juga akan fokus pada pertumbuhan industri maju dan mendorong adopsi ekonomi digital sebagai sarana untuk mengatasi tantangan pandemi.
 
Lebih lanjut, terkait dengan prioritas inovasi ABAC, Anindya menambahkan pandemi ini telah membuka mata dan membuat kita sadar kalau konektivitas digital itu penting dan harus menjadi prioritas untuk dunia di pasca pandemi.
 
"Potensi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia sangat besar dan banyak sektor yang berpotensi untuk berkembang, seperti pendidikan, kesehatan, dan energi terbarukan," pungkasnya.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif