Foto: AFP.
Foto: AFP.

Impor Tiongkok Terkoreksi 12,7%, Ekspor Naik 1,4%

Ekonomi ekonomi china ekspor-impor
Ade Hapsari Lestarini • 08 Juni 2020 08:07
Beijing: Administrasi Umum Kepabeanan mencatat ekspor Tiongkok menguat 1,4 persen secara tahunan (year on year) pada Mei. Sementara impor turun 12,7 persen.
 
Melansir Xinhua, Senin, 8 Juni 2020, perdagangan barang asing turun 4,9 persen yoy dalam lima bulan pertama menjadi 11,54 triliun yuan (sekitar USD1,63 triliun).
 
Seorang Dekan dari Wharton School di University of Pennsylvania, Geoffrey Garrett dalam sebuah wawancaranya kepada Xinhua, sempat mengatakan penggerak domestik untuk ekonomi Tiongkok terlihat jauh lebih baik. Aktivitas ekonomi domestik Tiongkok bahkan telah meningkat dramatis dalam sebulan terakhir ini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jelas Tiongkok beberapa bulan selangkah lebih maju ketimbang negara Barat, dan sepertinya kegiatan ekonomi domestik Tiongkok telah meningkat secara dramatis pada bulan lalu, mengacu pada pemulihan Tiongkok dari dampak covid-19," jelas dia.
 
Dia meyakini masalah bagi Tiongkok sekarang adalah permintaan global. "Fakta bahwa tidak akan ada permintaan global pada paruh kedua tahun ini jelas akan memperlambat pemulihan Tiongkok, tetapi demikian, pendorong domestik untuk ekonomi Tiongkok terlihat jauh lebih baik dan lebih baik setiap hari," tambahnya.
 
Dia menjelaskan meskipun 2020 akan menjadi tahun yang sangat sulit bagi setiap ekonomi di dunia, kita seharusnya tidak pernah melupakan fakta bahwa apa yang terjadi di Tiongkok sejak 1978 mungkin merupakan keajaiban ekonomi terbesar dalam sejarah Dunia," ungkapnya.
 
Selain itu Tiongkok telah mengangkat 700 juta orang keluar dari kemiskinan dalam tiga atau empat dekade. Menurutnya ini adalah hal yang luar biasa.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif