Wall Street. Foto : AFP.
Wall Street. Foto : AFP.

Gerak Pasar Saham AS Terus Terkoreksi Selama Seminggu

Ekonomi wall street
Arif Wicaksono • 05 April 2020 18:18
New York: Pasar saham Amerika Serikat (AS) kembali terkoreksi ketika berbagai data menunjukkan bahwa virus korona telah merugikan perekonomian negara Adidaya tersebut. Untuk pekan yang berakhir 3 April, Dow kehilangan 2,7 persen, S&P 500 turun 2,1 persen, dan Nasdaq turun 1,7 persen.
 
Dikutip dari Xinhua, Minggu, 5 April 2020 kerusakan ekonomi dari pandemi covid-19 mulai menjadi fokus minggu ini. Pengusaha AS. memangkas 701 ribu pekerjaan pada Maret, dan tingkat pengangguran melonjak menjadi 4,4 persen. Data ini menunjukkan penurunan pekerjaan pertama dalam satu dekade, Biro Statistik Tenaga Kerja AS melaporkan pada Jumat.
 
Pekerjaan di bidang perhotelan turun 459 ribu pada Maret, terutama di layanan Food and Beverage. Kehilangan pekerjaan juga terjadi dalam perawatan kesehatan dan bantuan sosial, layanan profesional dan bisnis, perdagangan ritel, dan konstruksi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tingkat pengangguran naik 0,9 poin persentase menjadi 4,4 persen, yang merupakan kenaikan terbesar selama sebulan sejak Januari 1975," kata laporan itu.
 
Data pekerjaan Maret datang setelah sebuah laporan menunjukkan sejumlah orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran pekan lalu.
 
Dalam pekan yang berakhir 28 Maret, klaim pengangguran awal AS mencapai 6.648.000 seperti dikatakan Biro Statistik Tenaga Kerja AS. Angka tersebut dengan mudah melampaui 3,3 juta klaim pengangguran awal yang diumumkan seminggu sebelumnya, yang pada saat itu merupakan jumlah terbesar yang pernah tercatat.
 
"Data ketenagakerjaan dan klaim pengangguran menawarkan petunjuk awal untuk biaya ekonomi dari perhentian ekonomi," kata ekonom di FHN Financials dalam catatan penelitian Jumat.
 
Aktivitas ekonomi di sektor manufaktur AS mengalami kontraksi pada Maret di tengah jatuhnya virus korona, Institute for Supply Management (ISM) melaporkan Indeks manufaktur ISM merosot ke 49,1 persen di Maret dari capaian Februari di 50,1 persen.
 
Kantor Anggaran Kongres AS (CBO) memperkirakan bahwa PDB akan turun lebih dari tujuh persen pada kuartal kedua karena gangguan perdagangan yang terus berlanjut di tengah pandemi covid-19.
 
"Jika itu terjadi, penurunan tingkat pertumbuhan tahunan yang dilaporkan oleh Biro Analisis Ekonomi akan menjadi sekitar empat kali lebih besar dan akan melebihi 28 persen," kata CBO.
 
Pada Sabtu sore, Amerika Serikat telah melaporkan lebih dari 290 ribu kasus covid-19 dengan lebih dari 8.000 kematian, menurut data dari Johns Hopkins University.
 
Presiden AS Donald Trump memperingatkan bahwa Amerika Serikat harus bersiap untuk dua minggu yang sangat menyakitkan.
 
Pakar kesehatan dengan Satuan Tugas Koronavirus Gedung Putih mengatakan pedoman jarak sosial nasional administrasi Trump yang ada masih berpotensi untuk menciptakan 100 ribu hingga 240 ribu kematian di negara Paman Sam.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif