NEWSTICKER
Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

Suku Bunga The Fed Turun, Bursa Asia Jatuh

Ekonomi the fed bursa saham asia
Nia Deviyana • 16 Maret 2020 10:44
Jakarta: Saham-saham di Asia Pasifik sebagian besar jatuh pada perdagangan Senin pagi karena Federal Reserve (The Fed) AS menurunkan suku bunga acuannya. Tak hanya itu, The Fed juga meluncurkan program pelonggaran kuantitatif besar-besaran sebagai langkah darurat menghadapi dampak korona pada perekonomian.
 
Melansir CNBC International, Senin, 16 Maret 2020, indeks S&P/ASX 200 di Australia memimpin kerugian di antara pasar utama di kawasan itu dengan turun 7,6 persen, dengan subindex keuangan tertekan lebih dari sembilan persen karena saham bank-bank utama negara itu mengalami penurunan tajam.
 
Grup Perbankan Australia dan Selandia Baru jatuh 10,21 persen, Commonwealth Bank of Australia tergelincir 8,38 persen, Westpac turun 9,46 persen, dan National Australia Bank anjlok 9,8 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Indeks Hang Seng Hong Kong juga turun 2,5 persen pada perdagangan pagi. Saham Tiongkok Daratan turun, dengan komposit Shanghai 0,81 persen lebih rendah sementara komposit Shenzhen tergelincir 1,046 persen.
 
Di Jepang, Nikkei 225 bergerak antara zona positif dan negatif dalam perdagangan pagi, dan terakhir mengalami sedikit penguatan. Indeks Topix menguat 0,55 persen, sementara Kospi Korea Selatan tetap berada di zona negatif dengan pelemahan sebesar 0,53 persen.
 
Secara keseluruhan, indeks MSCI Asia kecuali Jepang diperdagangkan 2,57 persen lebih rendah.
 
Investor mengamati reaksi pasar terhadap setiap kebijakan terbaru yang diambil The Fed yang menurunkan suku bunga dari rentang 1,00 persen-1,25 persen menjadi 0,00 persen-0,25 persen. Suku bunga acuan baru, digunakan sebagai patokan pinjaman jangka pendek bagi para lembaga keuangan.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif