Ekonomi Amerika Serikat terkontraksi cukup tajam di kuartal II-2020. Foto: AFP.
Ekonomi Amerika Serikat terkontraksi cukup tajam di kuartal II-2020. Foto: AFP.

Daftar Negara Masuk Jurang Resesi Akibat Covid-19

Ekonomi Virus Korona Krisis Ekonomi
Ade Hapsari Lestarini • 03 Agustus 2020 14:03
Jakarta: Pandemi covid-19 meluluhlantakkan kondisi perekonomian di seluruh negara di dunia. Tak ada yang menyangka, dalam sekejap, virus ini telah menggerogoti ekonomi dunia hingga ke jurang resesi.
 
Negara-negara maju bahkan sudah terkena krisis ekonomi. Dana Moneter Internasional (IMF) menyebut ini merupakan resesi yang lebih buruk sejak Depresi Hebat 1930-an. Bahkan, kerugian produksi global kumulatif sepanjang 2020 dan 2021 diperkirakan akan mencapai sekitar USD9 triliun, lebih besar dari gabungan ekonomi Jepang dan Jerman.
 
Berikut daftar negara-negara yang sudah masuk ke jurang resesi ekonomi.

1. Korea Selatan (Korsel)

Pada kuartal II-2020, ekonomi Negeri Gingseng ini mengalami kontraksi sebesar 2,9 persen secara tahunan dan 2,2 persen secara per kuartal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Korsel memasuki resesi perekonomian lantaran kinerja ekspornya tahun ini menurun drastis dan berada pada level terburuk sejak 1963. Resesi ekonomi yang dialami Korsel di kuartal II-2020 itu akibat meluasnya penyebaran pandemi virus covid-19, sehingga mereka terpaksa untuk membatasi aktivitas sosial.
 
Baca: Ekonomi Korea Selatan Menyusut 1,4%
 
Sebelumnya, pada kuartal I-2020, ekonomi Korsel mengalami kontraksi 1,4 persen akibat wabah covid-19 di seluruh dunia. Data Bank Sentral Korsel, Bank of Korea (BoK), menunjukkan produk domestik bruto (PDB) riil menyusut 1,4 persen pada kuartal Januari-Maret dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

2. Singapura

Negeri tetangga Indonesia ini mengumumkan PDB kuartal kedua negara itu turun 12,6 persen secara year on year (yoy). Angka ini turun 0,3 persen dibandingkan triwulan pertama.
 
Baca: Ekonomi Singapura Susut 41,2% di Kuartal II
 
Pada basis tahunan yang disesuaikan secara musiman kuartal ke kuartal, ekonomi Singapura menyusut 41,2 persen pada kuartal kedua jika dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya. Sektor manufaktur Singapura meningkat 2,5 persen yoy di kuartal kedua berkat lonjakan output di klaster manufaktur biomedis.

3. Amerika Serikat (AS)

Selanjutnya ada negara adidaya, Amerika Serikat. Ekonomi negeri Paman Sam ini terkontraksi cukup tajam, yakni mencapai minus 32,9 persen di kuartal II-2020.
 
Hantaman virus korona menjadi pemicu utama terjungkalnya ekonomi AS. Bahkan, kasus orang yang terjangkit virus ini semakin meningkat hingga saat ini.
 
Baca: Resesi, Ekonomi AS Minus 32,9% di Kuartal II-2020
 
Kondisi itu merupakan penurunan terdalam sejak Pemerintah AS mulai membuat catatan pertumbuhan ekonomi pada 1947. Sedangkan di kuartal pertama 2020, PDB riil mengalami kontraksi di tingkat tahunan sebesar lima persen.

4. Jepang

Ekonomi Jepang tercatat menyusut untuk kuartal kedua berturut-turut sejak periode Januari-Maret. Negeri Sakura ini memasuki resesi teknis sebagai akibat dari dampak buruk pandemi virus korona.
 
Baca: Jepang Memasuki Resesi di Kuartal II
 
Kantor Kabinet melaporkan ekonomi Jepang menyusut sebesar 3,4 persen pada periode Januari-Maret dibandingkan kuartal sebelumnya. Kantor Kabinet Jepang menjelaskan penurunan kuartal ini sesuai dengan penurunan 0,9 persen pada basis per triwulan yang disesuaikan secara musiman.
 
(AHL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif