Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

Investor Pertimbangkan Dampak Covid-19, Minyak Dunia Melonjak

Ekonomi minyak mentah
Angga Bratadharma • 30 Juni 2020 08:01
New York: Harga minyak dunia melonjak pada perdagangan Senin waktu setempat (Selasa WIB), karena pelaku pasar terus mempertimbangkan dampak pandemi covid-19. Kasus baru covid-19 kembali melonjak di tengah upaya pembukaan kembali akivitas ekonomi.
 
Mengutip Xinhua, Selasa, 30 Juni 2020, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus naik USD1,21 menjadi USD39,70 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus naik 69 sen menjadi USD41,71 per barel di London ICE Futures Exchange.
 
Pergerakan ini mengikuti minggu suram pada pekan lalu untuk pasar minyak yang melihat WTI mencatat penurunan 3,4 persen dan Brent turun 2,8 persen. Tidak dipungkiri, ketidakpastian covid-19 terus mengganggu permintaan minyak sehingga berdampak terhadap harga minyak yang tertekan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Harga minyak tidak dapat mengabaikan peningkatan risiko di tengah kekhawatiran virus korona," kata Analis Rnergi Commerzbank Research Eugen Weinberg, dalam sebuah catatan.
 
Ia menambahkan produsen minyak AS gagal merespons kenaikan harga dalam beberapa bulan terakhir. "Tidak ada investasi besar-besaran yang mungkin dilakukan di masa mendatang mengingat gunung-gunung utang raksasa dan risiko keuangan yang cukup besar," catat Weinberg.
 
Chesapeake Energy, perusahaan minyak serpih besar AS, mengajukan kebangkrutan pada Minggu. Data dari perusahaan jasa ladang minyak Baker Hughes menunjukkan bahwa jumlah pengeboran rig AS aktif untuk minyak turun satu rig menjadi 188 rig dalam minggu terakhir.
 
Di sisi lain, bursa saham Amerika Serikat berakhir lebih tinggi pada perdagangan Senin waktu setempat (Selasa WIB), didorong oleh penguatan saham Boeing. Meski menguat, namun kasus infeksi baru covid-19 masih menjadi persoalan yang memicu bursa saham sulit melesat tajam.
 
Indeks Dow Jones Industrial Average melonjak sebanyak 580,25 poin atau 2,32 persen menjadi 25.595,80. Sedangkan S&P 500 naik sebanyak 44,19 poin atau 1,47 persen menjadi 3.053,24. Indeks Komposit Nasdaq naik 116,93 poin atau 1,20 persen menjadi 9.874,15.
 
Saham Boeing melonjak 14,4 persen, memimpin kenaikan dalam rata-rata 30 saham di Dow Jones. Semua 11 sektor utama S&P 500 ditutup lebih tinggi, dengan sektor industri dan bahan masing-masing naik 2,36 persen dan 2,03 persen.
 
Investor terus mengamati meningkatnya jumlah kasus virus korona di seluruh negeri sambil mempertimbangkan dampaknya pada pemulihan ekonomi. Lebih dari 2,56 juta kasus covid-19 telah dilaporkan di Amerika Serikat, dengan hampir 126 ribu kematian, pada Senin sore. Demikian dilaporkan Pusat Sains dan Teknik Sistem di Universitas Johns Hopkins.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif