Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell. FOTO: Alex Wong/AFP
Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell. FOTO: Alex Wong/AFP

Fed: Minimnya Dukungan Fiskal Timbulkan Risiko Penurunan Ekonomi AS

Ekonomi ekonomi amerika The Fed
Angga Bratadharma • 26 September 2020 09:31
Washington: Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell mengatakan kurangnya dukungan fiskal dari Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan menimbulkan risiko penurunan ekonomi AS. Kondisi itu tentu sangat disayangkan mengingat AS mulai pulih dari resesi yang disebabkan covid-19.
 
"Sementara kinerja ekonomi telah melakukan (akselerasi) lebih baik dari yang diharapkan, saya pikir ada risiko penurunan jika tidak ada dukungan fiskal lebih lanjut," kata Powell, di depan Komite Perbankan Senat, dilansir dari Xinhua, Sabtu, 26 September 2020.
 
Powell menambahkan ada sekitar 11 juta orang Amerika Serikat yang kehilangan pekerjaan selama pandemi dan orang-orang itu dapat menghabiskan uang sekarang ini karena bantuan dari pemerintah seperti kebijakan peningkatan asuransi pengangguran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Risiko penurunan ekonomi mungkin datang jika beberapa bentuk dukungan (fiskal) itu tidak berlanjut," tegas Powell.
 
Sementara tunjangan pengangguran federal tambahan untuk sekitar 30 juta orang Amerika berakhir pada akhir Juli, dengan anggota parlemen dan Pemerintahan Trump tetap menemui jalan buntu mengenai paket bantuan covid-19 berikutnya.
 
Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan hal yang sama bahwa paket bantuan fiskal masih diperlukan dan pemerintah siap untuk mencapai kesepakatan bipartisan. "Saya yakin ada dukungan bipartisan yang signifikan untuk undang-undang yang mendukung anak-anak dan lapangan pekerjaan," kata Mnuchin, mengacu pada Program Perlindungan Gaji untuk usaha kecil.
 
Sedangkan Ketua DPR AS Nancy Pelosi kembali mendesak Partai Republik untuk mendukung paket bantuan covid-19 yang lebih besar untuk meminimalisir dampak covid-19 terhadap perekonomian.
 
"Kami masih belum mendengar kembali tentang itu. Kami membutuhkan lebih banyak uang untuk usaha kecil, restoran, maskapai penerbangan, dan banyak prioritas utama lainnya," pungkasnya.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif