Ilustrasi bendera negara anggota G20 - - Foto: dok AFP
Ilustrasi bendera negara anggota G20 - - Foto: dok AFP

Negara G20 Sepakati Tarif Pajak Minimum Internasional

Ekonomi perpajakan g20 summit G20 Kinerja Pajak Reformasi Perpajakan Rencana Tarif Pajak Minimum
Antara • 14 Oktober 2021 14:01
Washington: Negara anggota G20 mendukung revisi perpajakan internasional atau pengenaan tarif pajak minimum sebesar 15 persen terhadap perusahaan multinasional. Selama ini raksasa teknologi seperti Google, Amazon dan Facebook yang berekspansi ke negara lain selalu membukukan keuntungan besar tapi membayar pajak sangat kecil.
 
Kesepakatan ini juga diiringi dengan komitmen mempertahankan dukungan fiskal bagi pemulihan ekonomi serta menjaga inflasi tetap stabil.
 
“Kami akan terus mempertahankan pemulihan, menghindari penarikan dini dari langkah-langkah dukungan, sambil menjaga stabilitas keuangan dan keberlanjutan fiskal jangka panjang, serta menjaga terhadap risiko penurunan dan dampak negatif,” kata menteri keuangan negara G20 dalam pernyataannya, Kamis, 14 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral juga menyepakati pembentukan trust fund (dana amanah) baru untuk menyalurkan penerbitan cadangan moneter IMF senilai USD650 miliar ke negara-negara rentan.
 
"Pemulihan ekonomi tetap sangat berbeda di seluruh dan di dalam negara-negara dan rentan terhadap varian baru covid-19 dan kecepatan vaksinasi yang tidak merata," terang dia.
 
Gubernur bank sentral Italia, Ignazio Visco mengatakan, anggota G20 masih melihat peningkatan inflasi di banyak negara maju imbas berkurangnya pasokan.
 
“Tetapi sekali lagi, ini mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan sebelum menghilang, jadi kami harus siap dan berkomunikasi dengan sangat baik, bagaimana kami melihat masalahnya. Dan inilah mengapa kami mendiskusikan, memperdebatkannya di komunitas bank-bank sentral dan di ECB,” kata Visco.
 
Anggota G20 menyumbang lebih dari 80 persen produk domestik bruto dunia, 75 persen perdagangan global, dan 60 persen populasi planet ini. Negara anggota kelompok itu termasuk AS, Jepang, Inggris, Prancis, Jerman, dan India.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif