Gedung The Fed. FOTO: AFP/Brendan Smialowski
Gedung The Fed. FOTO: AFP/Brendan Smialowski

Fed Sebut Korona Berpotensi 'Gerogoti' Ekonomi AS

Ekonomi Virus Korona ekonomi amerika the fed
Angga Bratadharma • 07 Maret 2020 11:02
Washington: Federal Reserve (the Fed) dalam laporan terbarunya melalui Beige Book mengungkapkan penyebaran covid-19 dikhawatirkan berdampak negatif bagi ekonomi Amerika Serikat (AS). Bahkan, kondisi itu meredupkan prospek pertumbuhan ekonomi Paman Sam dalam waktu dekat.
 
"Ada indikasi bahwa virus korona berdampak negatif bagi sektor perjalanan dan pariwisata di AS," ungkap the Fed dalam Beige Book, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 7 Maret 2020.
 
Beige Book adalah prediksi ekonomi berkala yang dirilis oleh the Fed yang berisi laporan ekonomi dari 12 distrik cadangan federal, yang masing-masing dimonitor oleh Federal Reserve Bank regional. Beige Book biasanya menjadi di antara acuan investor untuk melihat arah kebijakan dan gerak ekonomi AS di masa mendatang.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fed menambahkan ketika jumlah pasien nasional mencapai 100 orang akibat virus korona di Amerika Serikat dan ketakutan terhadap virus korona baru terus menyebar di seluruh negeri, dampak pada rantai pasokan juga dilaporkan muncul.
 
"Beberapa penundaan rantai pasokan dilaporkan sebagai akibat dari virus korona dan beberapa Distrik mengatakan bahwa produsen khawatir gangguan lebih lanjut dalam beberapa minggu mendatang," kata Beige Book.
 
Sementara itu, the Fed akhirnya memutuskan untuk menurunkan kisaran tingkat suku bunga acuan sebanyak 50 basis poin menjadi 1-1,25 persen, karena wabah covid-19 menimbulkan risiko yang berevolusi untuk kegiatan ekonomi. Ketua Fed Jerome Powell mengatakan pelonggaran moneter tidak akan mengurangi kekhawatiran atas rantai pasokan.
 
Powell menambahkan penurunan suku bunga acuan tidak akan memperbaiki rantai pasokan yang rusak dan wabah virus korona membutuhkan respons dari berbagai sisi. Respons dari berbagai macam sisi menjadi penting agar penyebaran virus korona bisa ditekan sedemikian rupa.
 
Meski the Fed menilai ekonomi AS terus tumbuh pada kecepatan moderat selama beberapa minggu terakhir, namun laporan itu mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi AS bisa cukup 'sederhana' dalam waktu dekat karena dampak virus korona dan pemilihan presiden mendatang.
 
"Pandangan untuk jangka pendek sebagian besar untuk pertumbuhan sederhana dengan virus korona dan pemilihan presiden mendatang disebut sebagai risiko potensial," pungkas the Fed melalui Beige Book.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif