Ilustrasi bendera AS-Tiongkok. Foto: AFP.
Ilustrasi bendera AS-Tiongkok. Foto: AFP.

'Kemesraan' AS-Tiongkok Penting bagi Pemulihan Ekonomi Akibat Pandemi

Ekonomi IMF Virus Korona ekonomi dunia as-tiongkok
Ade Hapsari Lestarini • 21 April 2021 08:06
Washington: Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva menuturkan kerja sama antara Amerika Serikat dan Tiongkok, dua ekonomi terbesar di dunia, akan sangat penting untuk pemulihan global yang lebih cepat akibat pandemi covid-19.
 
"Apa yang kita lihat hari ini adalah AS dan Tiongkok menjadi dua mesin yang menggerakkan ekonomi dunia. Mereka adalah yang pertama dapat mencapai tingkat pra-covid di antara negara-negara besar," kata Georgieva, dilansir dari Xinhua, Rabu, 21 April 2021.
 
"Seperti pesawat, kita semua menjadi penumpangnya, penting agar keduanya bekerja selaras. Lalu kita bisa terbang lebih cepat, dan kita bisa bergerak lebih jauh," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Georgieva mencatat bahwa dia sangat terdorong untuk melihat pandangan yang sangat konsisten yang diungkapkan oleh AS dan Tiongkok tentang prospek pemulihan ekonominya. Serta pengakuan mereka terhadap tanggung jawab yang mereka miliki atas dampak positif, serta mengakui peran penting mereka.
 
"Perekonomian lain juga akan datang, dan kerja sama global, memperhatikan siapa yang mungkin tertinggal, adalah apa yang menjadi pusat pertemuan kami," tambah dia.
 
IMF juga berjanji untuk bekerja sama untuk mengakhiri pandemi di mana-mana. Serta memperkuat kerja sama multilateral untuk memastikan ekonomi global yang inklusif dan tangguh.
 
Dalam Prospek Ekonomi Dunia terbaru, IMF memproyeksikan ekonomi global akan tumbuh enam persen pada 2021, naik 0,5 persen di atas perkiraan Januari.
 
Sementara ekonomi AS diperkirakan tumbuh 6,4 persen tahun ini setelah kontraksi 3,5 persen pada 2020. Kemudian ekonomi Tiongkok diproyeksikan tumbuh 8,4 persen pada 2021 menyusul tingkat pertumbuhan 2,3 persen pada tahun lalu.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif