Singapura. Foto ; AFP.
Singapura. Foto ; AFP.

Agustus 2021, Ekspor Singapura Tumbuh 2,7%

Ekonomi Ekspor Singapura
Arif Wicaksono • 17 September 2021 17:42
Singapura: Ekspor domestik non-minyak Singapura (NODX) naik pada laju yang lebih lambat sebesar 2,7 persen pada Agustus didukung oleh pertumbuhan ekspor elektronik. Menurut data yang dirilis oleh Enterprise Singapore (ESG) pada Jumat, 17 September 2021, untuk sektor nonelektronik malah terpantau menurun.
 
Dikutip dari Channel News Asia, Jumat, 17 September 2021, meskipun tumbuh selama sembilan bulan berturut-turut, angka Agustus tahun-ke-tahun menandai ekspansi terkecil sejak November. Serta meleset dari ekspektasi ekonom dalam jajak pendapat Reuters untuk kenaikan 8,3 persen. NODX tumbuh 12,7 persen pada Juli.
 
Pada basis penyesuaian musiman bulan ke bulan, NODX turun 3,6 persen pada Agustus, setelah bulan sebelumnya turun 0,9 persen. Para ekonom telah memperkirakan pertumbuhan sebesar 2,4 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengiriman elektronik meningkat 16,7 persen tahun-ke-tahun di Agustus, didorong oleh sirkuit terpadu, dioda dan transistor, serta bagian sirkuit terpadu. Pengiriman produk nonelektronik turun 1,4 persen pada Agustus dari tahun lalu, terutama karena penurunan emas nonmoneter, makanan dan obat-obatan.
 
Ekspor ke pasar teratas secara keseluruhan naik pada Agustus, meskipun ekspor ke Tiongkok dan Uni Eropa menurun. Kontributor terbesar kenaikan ini adalah Taiwan, Hong Kong, dan Malaysia.
 
Ekspor ke Taiwan tumbuh 50,6 persen karena mesin khusus, sirkuit terpadu dan alat ukur. Pengiriman ke Hong Kong meningkat 22,8 persen karena sirkuit terpadu, produk media disk, dan peralatan sirkuit listrik. Ekspor ke Malaysia naik 17,9 persen pada Agustus karena sirkuit terpadu, petrokimia, serta dioda dan transistor.
 
Ekspor ke pasar negara berkembang tumbuh lebih lambat sebesar 2,6 persen, menyusul ekspansi 59,8 persen pada Juli. Hal ini terutama disebabkan oleh Asia Selatan, Kamboja, Laos, Myanmar, Vietnam, serta Timur Tengah.
 
Ekspor ulang non-minyak meningkat lebih cepat sebesar 19 persen pada Agustus dari tahun lalu, menyusul kenaikan 13,9 persen pada Juli, dengan pertumbuhan baik elektronik maupun nonelektronik. Kontributor terbesar adalah ekspor ke Hong Kong, Tiongkok, dan Taiwan.
 
Total perdagangan tumbuh 19,8 persen pada Agustus tahun-ke-tahun, memperpanjang pertumbuhan 19 persen di bulan sebelumnya. Baik impor maupun ekspor meningkat masing-masing sebesar 17,4 persen dan 22,8 persen.
 
Pada basis penyesuaian musiman bulan-ke-bulan, total perdagangan naik tipis 2,2 persen mencapai 95,6 miliar dolar Singapura pada Agustus, lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 93,6 miliar dolar Singapura.

 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif