Uni Eropa dan Italia mewujudkan pariwisata berkelanjutan. Foto ; AFP.
Uni Eropa dan Italia mewujudkan pariwisata berkelanjutan. Foto ; AFP.

Italia Gaungkan Pariwisata Ramah Lingkungan

Ekonomi uni eropa italia
Arif Wicaksono • 25 November 2020 22:05
Roma: Agensi pariwisata nasional Italia (ENOIT) menjelaskan Italia secara resmi meluncurkan proyek yang didukung oleh Uni Eropa (UE) untuk membantu bisnis pariwisatanya menjadi lebih ramah lingkungan dan memanfaatkan peluang pascapandemi dengan lebih baik.
 
Program Eco-Tandem Uni Eropa itu bertujuan untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan dengan membantu usaha kecil dan menengah (UKM) menjadi lebih inovatif.
 
"UKM pariwisata tradisional didorong untuk berhubungan dengan para pemula dan inovator di sektor ini, dan juga dengan pionir dari sektor ekonomi lainnya," kata ENIT, dikutip dari Xinhua, Rabu, 25 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para peserta dalam proyek ini akan belajar bagaimana memulai transisi ekologi bisnis mereka, atau untuk memperkuat pengetahuan dan keterampilan manajemen pariwisata berkelanjutan mereka.
 
Mereka akan menerima bantuan dalam mengakses pendanaan Uni Eropa untuk proyek percontohan eko-inovatif, menjadi bagian dari jaringan UKM dan organisasi Eropa yang beroperasi di sektor pariwisata berkelanjutan, dan mendapatkan visibilitas melalui saluran penyebaran proyek.
 
Ini akan membuat UKM Italia lebih kompetitif dan juga akan membuat mereka lebih menarik bagi kelompok turis asing terbesar, termasuk dari Jerman, Amerika Serikat, Inggris, dan Tiongkok.
 
Bank Sentral Italia mencatat industri pariwisata menyumbang lebih dari lima persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Italia dan enam persen dari pekerjaan nasional pada 2019. Sementara 96,2 juta orang asing mengunjungi Italia pada 2019, menghabiskan 44,3 miliar euro atau USD52,5 miliar.
 
"Data terakhir Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) menunjukkan penurunan 70 persen dalam kedatangan internasional di tingkat global pada Agustus. Dalam skenario ini, Eropa menonjol dengan penurunan 69 persen," katanya.
 
Proyek Eco-Tandem Uni Eropa ini dibiayai bersama oleh Uni Eropa melalui programnya untuk UKM (COSME). Ini menyatukan para peneliti dan ahli di bidang inovasi dan pembangunan berkelanjutan dari Italia, Jerman, Austria, Slovakia, dan Yunani.   

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif