Singapura. Foto : AFP.
Singapura. Foto : AFP.

Hadapi Inflasi, Bank Sentral Singapura Perketat Kebijakan Moneter

Ekonomi Inflasi suku bunga Singapura Bank Sentral
Antara • 25 Januari 2022 10:45
Singapura: Bank sentral Singapura mengatakan akan memperketat pengaturan kebijakan moneternya karena risiko inflasi meningkat.
 
Otoritas Moneter Singapura (MAS) mengelola kebijakan moneter melalui pengaturan nilai tukar, bukan suku bunga, membiarkan dolar Singapura naik atau turun terhadap mata uang mitra dagang utamanya dalam kisaran yang dirahasiakan.
 
MAS akan menyesuaikan kebijakannya melalui tiga tuas: kemiringan, titik tengah, dan lebar pita kebijakan, yang dikenal sebagai Nilai Tukar Efektif Nominal, atau NEER dolar Singapura.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


MAS mengatakan akan menaikkan sedikit tingkat apresiasi dari pita kebijakannya. Lebar pita kebijakan dan tingkat kurs pusatnya tidak akan berubah.
 
"Langkah ini dibangun di atas pergeseran pre-emptive ke sikap apresiasi pada Oktober 2021 untuk memastikan stabilitas harga jangka menengah," kata MAS, dikutip dari Antara, Selasa, 25 Januari 2022.
 
Pengetatan datang hanya sehari setelah data menunjukkan pengukur harga utama Singapura naik pada Desember dengan laju tercepat dalam hampir delapan tahun.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif