Para pemimpin Uni Eropa menyepakati stimulus sebesar USD2,1 triliun melawan covid-19. Foto: AFP.
Para pemimpin Uni Eropa menyepakati stimulus sebesar USD2,1 triliun melawan covid-19. Foto: AFP.

Uni Eropa Sepakati Stimulus USD2,1 Triliun Lawan Pandemi

Ekonomi uni eropa Stimulus Ekonomi Imbas Korona
Ade Hapsari Lestarini • 22 Juli 2020 06:56
Brussels: Para pemimpin Uni Eropa akhirnya mencapai kesepakatan mengenai anggaran selama tujuh tahun ke depan untuk pemulihan besar-besaran di tengah pandemi covid-19.
 
Kesepakatan penting ini terjadi pada Selasa, 21 Juli 2020, setelah dilakukan perundingan intensif selama empat hari berturut-turut. Demikian dilansir dari Xinhua, Rabu, 22 Juli 2020.
 
Kesepakatan anggaran sebesar 1,82 triliun euro (sekitar USD2,1 triliun) yang belum pernah terjadi sebelumnya ini akhirnya diumumkan untuk menghadapi resesi terburuk dalam sejarah Uni Eropa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini adalah kesepakatan yang bagus, ini adalah kesepakatan yang kuat, dan yang paling penting ini adalah kesepakatan yang tepat untuk Eropa saat ini," kata Presiden Dewan Eropa Charles Michel pada konferensi pers menyusul kesimpulan dari KTT tersebut.
 
Memuji pembicaraan maraton yang berakhir dengan sukses, Michel mengatakan perjanjian itu mengirimkan sinyal konkret bahwa Eropa telah bertindak.
 
Sementara mengakui ada aspek-aspek yang disesalkan dalam paket revisi setelah kesepakatan dibuat, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen tampak gembira dengan sumber daya baru yang aman. Ini akan membantu Uni Eropa membayar investasi yang dibiayai utang dalam jangka panjang.
 
"Eropa secara keseluruhan sekarang memiliki peluang besar untuk menjadi lebih kuat dari krisis. Kami memiliki banyak pekerjaan, tetapi malam ini adalah langkah besar menuju pemulihan," tambah kata von der Leyen.
 
Setelah kesepakatan ini, rencana tersebut akan diajukan ke Parlemen Eropa untuk disetujui.
 
Adapun ini merupakan KTT fisik pertama para kepala negara dan pemerintah negara-negara anggota UE yang telah dijadwalkan. Kendati berakhir Sabtu pekan lalu, tetapi menemui jalan buntu karena ketidaksepakatan atas sejumlah masalah termasuk ukuran keseluruhan dana, rasio hibah versus pinjaman, rabat yang ditawarkan kepada negara-negara kaya dan prasyarat untuk penggunaan uang.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif