Bitcoin. Foto ; AFP.
Bitcoin. Foto ; AFP.

Anjlok 11%, dalam Sehari Harga Bitcoin Jadi Rp236 Juta

Ekonomi bitcoin covid-19
Arif Wicaksono • 26 November 2020 22:20
Jakarta: Harga cryptocurrency terbesar di dunia, bitcoin, turun 11 persen menjadi USD16.725 atau setara Rp236.608.575 (kurs Rp14.147 per USD). Meskipun turun, harganya masih naik sekitar 21 persen bulan ini dan 138 persen pada tahun ini.
 
Harga bitcoin sempat mencapai puncaknya sebesar USD19.497, tetapi tidak memecahkan rekor USD19.666 yang ditetapkan pada Desember 2017.
 
Koreksi harga juga mengindikasikan bahwa pedagang kripto yang memindahkan volume bitcoin yang lebih besar ke bursa, karena dapat lebih mudah dijual dengan harga yang lebih baik, ketika token mendekati angka USD20 ribu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Rasanya semakin kita mencapai titik kritis bitcoin," kata John Kramer, pedagang di perusahaan perdagangan kripto GSR dikutip dari Business Insider, Kamis, 26 November 2020.
 
"Faktanya, diharapkan ada cool down. Tetapi dengan lebih banyak fund manager dan institusi terkenal yang memeriksa ulang tesis bitcoin mereka setiap hari, semakin sulit untuk tidak menganggap aset tersebut lebih serius," tambah dia.
 
Kramer mengatakan banyak investor merasa pasar saham benar-benar terpisah dari realitas ekonomi saat ini. S&P 500 mencapai rekor tertinggi minggu ini ketika kasus covid-19 AS melonjak dan hampir 2.000 orang Amerika meninggal setiap hari karena virus. Prospek imbal hasil dari pasar tradisional rendah, sedangkan risikonya cukup tinggi.
 
"Respons stimulus terhadap pandemi telah memicu kekhawatiran di antara beberapa manajer aset besar tentang devaluasi dolar AS, menyoroti pasokan bitcoin yang terbatas," kata Kramer.
 
Meskipun ada aksi jual pada Kamis, Bitcoin mungkin akan segera mencapai USD20 ribu, menurut Ki-Young Ju, pencipta perusahaan analitik on-chain CryptoQuant
 
"Ini menunjukkan bahwa secara relatif, mendepositkan bitcoin ke bursa. Tetapi indikator on-chain jangka panjang mengatakan bahwa tekanan beli berlaku. Saya masih berpikir kita bisa menembus 20 ribu dalam beberapa hari," jelas dia.
 
Koin digital lainnya juga jatuh bersama vitcoin. Ethereum turun lebih dari 13 persen, menjadi sekitar USD491, dan XRP Ripple turun 20 persen menjadi USD0,49. Altcoin  yang lebih kecil telah mendapatkan keuntungan dari dorongan yang sama ke dalam cryptocurrency. Ethereum masih naik sekitar 30 persen bulan ini, sementara XRP memiliki nilai lebih dari dua kali lipat.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif