Bendara Kanada, Foto : AFP.
Bendara Kanada, Foto : AFP.

Kanada Balas Kebijakan Tarif Aluminium Donald Trump

Ekonomi amerika serikat politik kanada Perang dagang
Arif Wicaksono • 09 Agustus 2020 11:46
Ottawa: Kanada akan mengenakan tarif sebesar 3,6 miliar dolar Kanada (sekitar USD2,7 miliar) untuk produk AS. Ini menjadi tindakan balasan terhadap Presiden AS Donald Trump yang memberlakukan kembali tarif 10 persen pada aluminium Kanada. Hal ini dikatakan oleh Wakil Perdana Kanada Menteri Chrystia Freeland.
 
Freeland mengatakan pada konferensi pers bahwa tarif penanggulangan akan berlaku dalam 30 hari setelah pemerintah Kanada berkonsultasi dengan masyarakat kanada tentang produk AS mana yang akan ditargetkan.
 
Freeland mengatakan bahwa aluminium Kanada merupakan ancaman bagi keamanan nasional Amerika sebagai gagasan yang menggelikan. Dia mengatakan Amerika Serikat memilih untuk memicu konflik perdagangan baru dengan memberlakukan tarif pada aluminium Kanada.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu hanya akan merugikan pemulihan ekonomi di kedua sisi perbatasan." jelas dia dikutip dari Xinhua, Minggu 9 Agustus 2020.
 
Freeland menambahkan bahwa pemerintahan Trump adalah pemerintahan paling proteksionis dalam sejarah AS.
 
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berjanji Kamis malam untuk mengambil tindakan balasan setelah Trump mengumumkan keputusannya untuk memberlakukan kembali tarif pada impor aluminium Kanada.
 
"Kami akan selalu membela pekerja aluminium kami. Kami melakukannya pada 2018 dan kami akan membela mereka lagi sekarang."
 
Trump telah memberlakukan tarif 10 persen untuk aluminium Kanada pada Maret 2018, dan kemudian Kanada membalas dengan tarif miliaran dolar untuk produk-produk AS. Amerika Serikat kemudian menghapusnya untuk perjanjian perdagangan bebas Amerika Utara yang diperbarui.

 
(SAW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif