Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

Pasar Tenaga Kerja Singapura di Atas Tingkat Pra Pandemi Covid-19

Ekonomi ekonomi singapura covid-19 pandemi covid-19
Angga Bratadharma • 02 Desember 2021 15:05
Singapura: Kementerian Tenaga Kerja (MOM) Singapura dalam rilis awal laporan Angkatan Kerja Tahunan mengatakan tingkat pekerjaan penduduk Singapura telah meningkat di atas tingkat pra-pandemi. Namun, tingkat pengangguran masih tetap tinggi yang diharapkan kondisi tersebut bisa terus turun dari waktu ke waktu.
 
"Tingkat pekerjaan penduduk naik di atas tingkat sebelum covid, didukung oleh upaya tripartit di bawah Paket Pekerjaan dan Keterampilan SGUnited," kata MOM, dilansir dari Channel News Asia, Kamis, 2 Desember 2021.
 
"Sedangkan permintaan tenaga kerja sementara yang timbul dari kegiatan terkait covid berkontribusi pada pekerjaan yang lebih tinggi, jumlah penduduk dalam pekerjaan tetap juga meningkat," tambahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


MOM mengatakan tingkat pengangguran dan setengah pengangguran terkait waktu telah meningkat, tetapi masih di atas sebelum pandemi. Pendapatan nominal dan riil bagi penduduk keduanya meningkat, dengan pendapatan rata-rata melampaui tingkat pra-pandemi sebagai hasilnya.
 
Sementara pertumbuhan pendapatan riil dimoderasi oleh inflasi yang lebih tinggi, dan melebihi sedikit penurunan yang terlihat pada 2020. "Pasar tenaga kerja secara bertahap pulih pada 2021, meskipun belum sepenuhnya kembali ke kondisi pra-covid," kata MOM.
 
"Kami memperkirakan pemulihan pasar tenaga kerja akan berlanjut pada paruh kedua tahun ini dan hingga 2022, tetapi dengan cara yang tidak merata di seluruh sektor," tambahnya.
 
Tingkat pekerjaan untuk penduduk berusia 15 tahun ke atas pada Juni 2021 adalah 67,2 persen, naik dari 64,5 persen pada Juni lalu dan juga di atas 65,2 persen yang dilaporkan pada Juni 2019. Ini mencerminkan pemulihan ekonomi dan dampak dari langkah-langkah yang diterapkan.
 
"Seperti Paket Pekerjaan dan Keterampilan SGUnited, Skema Dukungan Pekerjaan dan Insentif Pertumbuhan Pekerjaan di pasar tenaga kerja," pungkas MOM.
 
 
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif