Qantas. Foto ; AFP.
Qantas. Foto ; AFP.

Ubah Syarat, Qantas Wajibkan Vaksin Covid-19 bagi Pelancong Internasional

Ekonomi bisnis maskapai vaksin covid-19
Arif Wicaksono • 24 November 2020 14:44
Sydney: Qantas Australia akan mewajibkan pelancong udara internasional divaksinasi covid-19. Aturan itu kemungkinan akan menjadi umum di seluruh industri.
 
CEO Qantas Alan Joyce mengatakan maskapai berbendera Australia itu akan menerapkan langkah tersebut setelah vaksin virus korona tersedia untuk umum.
 
"Kami sedang mengubah syarat dan ketentuan kami untuk mengatakan kepada pelancong internasional bahwa kami akan meminta orang untuk melakukan vaksinasi sebelum mereka bisa naik pesawat," katanya dikutip dari Channel News Asia, Selasa, 24 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apakah Anda membutuhkannya di dalam negeri, kami harus melihat apa yang terjadi dengan virus covid-19 di pasar, tetapi yang pasti, untuk pengunjung internasional yang datang (ke Australia) dan orang-orang yang meninggalkan negara itu, kami pikir itu adalah suatu kebutuhan," tegas dia.
 
Joyce memperkirakan aturan tersebut kemungkinan akan menjadi praktik standar di antara maskapai penerbangan di seluruh dunia. Pemerintah dan maskapai penerbangan saat ini sedang mempertimbangkan pengenalan paspor vaksinasi elektronik.
 
Perbatasan internasional Australia secara efektif ditutup sejak Maret untuk mengekang penyebaran virus, yang telah merenggut lebih dari satu juta nyawa di seluruh dunia.
 
Negara itu bahkan telah membatasi jumlah warganya yang diizinkan untuk kembali setiap minggu dengan menyebabkan puluhan ribu warga Australia terdampar di luar negeri.
 
Qantas telah menahan lebih dari 200 pesawat dan memecat 8.500 karyawan sebagai upaya untuk menutupi kerugian sebesar USD1,9 miliar yang disebabkan oleh jatuhnya permintaan penerbangan.
 
Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan Australia sedang berusaha untuk menciptakan gelembung perjalanan dengan negara-negara lain yang telah menahan penyebaran virus.
 
Australia juga bertindak tegas dengan membatasi sepenuhnya penerbangan untuk pelancong internasional sampai vaksin tersedia secara luas. Australia relatif berhasil menahan virus korona dengan 27.800 kasus dan 907 kematian sejak pandemi dimulai.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif