IMF. Foto : AFP.
IMF. Foto : AFP.

IMF Prediksi Ekonomi Global Alami Resesi Lebih Buruk dari 2009

Ekonomi Virus Korona ekonomi global
Arif Wicaksono • 29 Maret 2020 10:44
Washington: The International Monetary Fund (IMF) mengatakan bahwa ekonomi global sedang memasuki resesi sebagai akibat dari pandemi virus korona yang menyebar luas dan menghantam perekonomian di seluruh dunia.
 
Managing Director IMF Kristalina Georgieve akan menghitung ulang prospek ekonomi untuk 2020 dan 2021. Namun dia mengatakan bahwa ini akan lebih buruk dari resesi sebelumnya.
 
"Sudah jelas kita memasuki resesi yang bisa lebih buruk dari 2009," kata dia dikutip dari The New Times, Minggu, 29 Maret 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan kunci dari membaiknya ekonomi global adalah kemampuan banyak negara untuk melawan pandemi virus korona. Namun, dia mengingatkan bahwa ekonomi global akan menghadapi tantangan dari bangkrutnya sejumlah perusahaan serta PHK secara besar-besaran.
 
"Tak hanya memengaruhi ekonomi tetapi ini akan menurunkan produksi masyarakat global," jelas dia.
 
Resesi terjadi ketika produksi jatuh diimbangi dengan kenaikan pengangguran. Terakhir kali dunia mengalami resesi ialah pada 2008 dan 2009. Pada saat itu negara seperti AS dan eropa menghadapi tingginya pengangguran, kejatuhan profit serta pasar finansial seiring dengan jatuhnya pasar perumahan di AS.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif