Seorang konsumen saat melintasi toko ritel di AS. Foto: AFP/Justin Sullivan.
Seorang konsumen saat melintasi toko ritel di AS. Foto: AFP/Justin Sullivan.

Penjualan Ritel AS Stabil Setelah Terjadi Lonjakan

Ekonomi Ritel Ekonomi Amerika
Ade Hapsari Lestarini • 15 Mei 2021 12:06
Washington: Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS) melaporkan penjualan ritel di Amerika Serikat (AS) tidak berubah alias stabil pada April, setelah melonjak sebesar 10,7 persen pada Maret.
 
Melansir Xinhua, Sabtu, 15 Mei 2021, penjualan ritel mencapai USD619,9 miliar pada April, hampir tidak berubah dari bulan sebelumnya yang tercatat sebesar USD619,8 miliar.
 
"Penjualan ritel tidak berubah pada April setelah pada bulan sebelumnya mendorong kenaikan terbesar kedua," kata Sarah House dan Shannon Seery, dua ekonom di Wells Fargo Securities, menulis dalam sebuah analisis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun, hasil yang diperoleh kurang dari ekspektasi konsensus, yang mengantisipasi kenaikan sederhana," kata mereka, sambil mencatat bahwa revisi naik dari angka Maret melunakkan pukulan tersebut secara signifikan.
 
Data terakhir menunjukkan, total penjualan untuk periode Februari hingga April naik 27,1 persen dari periode yang sama tahun lalu.
 
Menurut laporan itu, penjualan perdagangan ritel pada April turun 0,3 persen dari Maret 2021, tetapi naik 46,1 persen di atas tahun lalu.
 
Seorang ekonom di Grant Thornton, sebuah firma akuntansi besar, Yelena Maleyev, menulis dalam sebuah blog bahwa "efek dasar" ikut bermain dengan data April 2021, karena pengeluaran terhenti pada April 2020 akibat penguncian covid-19.
 
Maleyev mencatat bahwa pengeluaran yang lebih tinggi untuk kendaraan, elektronik, kesehatan dan perawatan pribadi tidak cukup untuk mengimbangi pengeluaran yang lebih rendah di kategori lain.
 
Panduan baru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyatakan bahwa orang yang divaksinasi tidak lagi perlu memakai masker menyebabkan lebih banyak negara bagian dibuka kembali pada Mei. Diharapkan hal ini dapat meningkatkan aktivitas konsumen selama musim semi dan musim panas.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif