Ilustrasi. FOTO: AFP/YE AUNG THU
Ilustrasi. FOTO: AFP/YE AUNG THU

Singapura Siap Gelar Pertemuan WEF, Ini Syaratnya

Ekonomi forum ekonomi dunia ekonomi singapura world economic forum
Angga Bratadharma • 30 Januari 2021 14:04
Singapura: Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Chan Chun Sing mengatakan pertemuan tahunan khusus Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF) hanya akan berlangsung pada Mei jika dapat diadakan dengan cara yang aman. Hal itu lantaran pandemi covid-19 belum kunjung usai.
 
"Asumsi kerja kami dengan WEF adalah jika kami akan mengadakannya di Singapura, kami akan memastikan diadakan dengan cara yang aman dan terjamin, untuk memberikan kepercayaan kepada semua peserta dan juga semua warga Singapura yang mungkin berinteraksi dengan delegasi asing," kata Chan, dilansir dari CNBC International, Sabtu, 30 Januari 2021.
 
"Kalau tidak aman, dengan alasan apapun, saya kira kita tidak akan bisa mengadakannya di Singapura," tambahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertemuan para pemimpin politik dan bisnis dunia secara tradisional diadakan setiap tahun di Davos, Swiss. Tahun ini, karena wabah virus korona melanda Eropa, akhirnya pertemuan itu dijadwalkan berlangsung di negara kecil di Asia Tenggara itu. Dilaporkan pertemuan pada Mei akan dihadiri sekitar 1.000 peserta.
 
Presiden WEF Borge Brende mengatakan pertemuan tahunan khusus itu akan berpegang pada standar kesehatan tertinggi dan bahwa orang akan dites pada saat kedatangan. "Keselamatan peserta kami akan selalu diutamakan, jadi kami memeriksanya setiap hari," tuturnya.
 
Singapura sebagian besar telah berhasil mengendalikan virus dan berada dalam fase ketiga pembukaan kembali ekonominya. Menurut Kementerian Kesehatan Singapura sejauh ini ada 59.425 kasus yang dikonfirmasi dan 29 kematian. Lebih dari 90 persen kasus yang dilaporkan terjadi di antara pekerja migran asing dan terjadi pada tahun lalu.
 
Pada Kamis waktu setempat, Singapura melaporkan adanya 34 kasus impor dan tidak ada infeksi menular lokal. Chan menguraikan langkah-langkah yang akan diambil negara dalam mempersiapkan acara tersebut.
 
"Singapura memvaksinasi staf dan pekerja yang akan terlibat dalam pertemuan WEF untuk melindungi mereka dari infeksi dan untuk memastikan mereka tidak menularkan virus," kata Chan.
 
Kementerian Kesehatan Singapura mencatat lebih dari 113 ribu orang di negara itu telah menerima dosis pertama vaksin. "Selain itu, Singapura bekerja sama dengan WEF untuk memastikan bahwa kami bisa mendapatkan sebanyak mungkin peserta yang divaksinasi. Peserta yang belum divaksinasi mungkin akan dikenakan protokol pengujian yang berbeda," pungkasnya.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif