Korea Selatan. Foto : AFP.
Korea Selatan. Foto : AFP.

Meskipun Masih Pesimistis, Keyakinan Pebisnis Korsel Membaik

Ekonomi kecelakaan korsel korea selatan ekonomi global ekonomi asia
Arif Wicaksono • 30 Juli 2020 16:38
Seoul: Sentimen di antara bisnis Korea Selatan (Korsel) terhadap situasi ekonomi membaik selama tiga bulan berturut-turut hingga Juli sebagaimana data bank sentral Korsel.
 
"Indeks sentimen bisnis (BSI) berdiri di 60 pada Juli, naik empat poin dari bulan sebelumnya," demikian disampaikan Bank of Korea (BOK), dikutip dari Xinhua, Kamis, 30 Juli 2020.
 
Angka di bawah 100 berarti pesimistis melebihi jumlah optimistis. Indeks terus meningkat untuk bulan ketiga berturut-turut, menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Sebelumnya keyakinan bisnis merosot ke 51 pada bulan April karena kejatuhan ekonomi dari wabah covid-19 di seluruh dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BSI di antara produsen naik enam poin dari bulan sebelumnya menjadi 57 di Juli, menandai kenaikan bulanan terbesar sejak Oktober 2013.
 
Indeks untuk non-produsen menambahkan dua poin menjadi 62 di bulan ini. Ini mempertahankan tren kenaikan selama empat bulan berturut-turut.
 
Pemerintah meluncurkan paket stimulus senilai total 250 triliun won (USD210 miliar) untuk secara finansial mendukung pemilik usaha mikro, perusahaan kecil, dan perusahaan besar yang menderita kerugian yang disebabkan oleh pandemi covid-19.
 
Pemerintah Korsel juga mengumumkan anggaran tambahan terbesar negara itu senilai 35,1 triliun won (USD30 miliar) yang disahkan melalui parlemen awal bulan ini.
 

(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif