Gedung The Fed. Foto: AFP.
Gedung The Fed. Foto: AFP.

The Fed: Ekonomi AS Siap Tumbuh Paruh Kedua 2020

Ekonomi ekonomi amerika the fed
Ade Hapsari Lestarini • 22 Mei 2020 16:16
Washington: Wakil Ketua Federal Reserve Richard Clarida memproyeksikan bahwa ekonomi AS akan mulai tumbuh mulai paruh kedua tahun ini.
 
Kendati masih ada ketidakpastian luar biasa terhadap kedalaman dan lamanya penurunan ekonomi. Demikian dilansir dari Xinhua, Jumat, 22 Mei 2020.
 
Menurut dia, pelonggaran kondisi keuangan membutuhkan waktu untuk memulihkan ekonomi AS dari pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sementara berita ekonomi tak henti-hentinya mengerikan dalam beberapa pekan terakhir, kondisi keuangan sejak pertengahan Maret telah mereda -dan sangat banyak terjadi di banyak pasar," kata Clarida dalam pernyataan persiapan untuk penampilan webcast yang diadakan oleh New York Association for Business Economics.
 
Clarida percaya bahwa pelonggaran kondisi keuangan ini, setidaknya sebagian, merupakan konsekuensi langsung dari tindakan Fed dalam beberapa pekan terakhir untuk mendukung pasar keuangan.
 
"Apakah itu terbukti tahan lama akan tergantung pada hal yang ditularkan oleh virus korona dan durasi penurunan yang disebabkannya," katanya.
 
"Minimal, pelonggaran kondisi keuangan beberapa waktu ini sampai ekonomi dapat mulai pulih, pertumbuhan kembali, dan angka pengangguran mulai turun," jelas dia.
 
Clarida juga percaya bahwa guncangan penularan covid-19 adalah disinflasi, bukan inflasi, karena apa yang disebut harga konsumen inti turun 0,45 persen pada April, penurunan bulanan terbesar sejak awal 1957.
 
Di sisi lain, bank sentral akan terus bertindak secara paksa, proaktif, dan agresif untuk memberikan dukungan kritis kepada ekonomi selama masa yang penuh tantangan ini. Clarida mengatakan lebih banyak pengeluaran fiskal mungkin diperlukan juga.
 
"Dukungan fiskal langsung dapat membuat perbedaan kritis, tidak hanya dalam membantu keluarga dan bisnis tetap terapung saat dibutuhkan, tetapi juga mempertahankan kapasitas produktif ekonomi setelah kita keluar dari penurunan ini," tambah dia.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif