Ilustrasi. AFP PHOTO/Andrew CABALLERO-REYNOLDS
Ilustrasi. AFP PHOTO/Andrew CABALLERO-REYNOLDS

Pemulihan Terhambat, IMF Pangkas Prospek Pertumbuhan Ekonomi Global 2021 Jadi 5,9%

Ekonomi IMF ekonomi dunia Ekonomi Global
Angga Bratadharma • 13 Oktober 2021 09:42
Washington: Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) mengatakan gangguan rantai pasokan yang terus-menerus dan tekanan harga menghambat pemulihan ekonomi global dari pandemi covid-19. Karenanya, IMF memangkas prospek pertumbuhan ekonomi untuk Amerika Serikat dan negara dengan kekuatan industri utama lainnya.
 
Mengutip The Business Times, Rabu, 13 Oktober 2021, dalam Outlook Ekonomi Dunia, IMF memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi global 2021 menjadi 5,9 persen dari perkiraan 6,0 persen yang dibuat pada Juli. Kondisi itu membuat perkiraan pertumbuhan global 2022 tidak berubah pada 4,9 persen.
 
"Namun, revisi judul sederhana ini menutupi penurunan peringkat besar-besaran untuk beberapa negara. Prospek kelompok negara berkembang berpenghasilan rendah telah sangat gelap karena memburuknya dinamika pandemi," kata IMF dalam laporannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penurunan peringkat juga mencerminkan prospek jangka pendek yang lebih sulit untuk kelompok ekonomi maju, sebagian karena gangguan pasokan," tambah IMF dalam laporannya.
 
Aktivitas manufaktur global telah dihantam oleh kekurangan komponen utama seperti semikonduktor, pelabuhan yang tersumbat dan kurangnya kontainer kargo, dan krisis tenaga kerja karena rantai pasokan global yang dioptimalkan untuk efisiensi telah berjuang untuk kembali normal setelah penutupan yang disebabkan oleh pandemi tahun lalu.
 
Ketidaksesuaian permintaan-penawaran, sebagian didorong oleh kelebihan tabungan yang dibangun di negara-negara kaya, telah menaikkan harga dan menyebabkan lonjakan inflasi. IMF memperkirakan inflasi akan kembali ke tingkat pra-pandemi tahun depan, tetapi memperingatkan gangguan pasokan yang terus-menerus berisiko merusak ekspektasi inflasi.
 
Amerika Serikat menerima beban terberat dari efek ini, dan IMF memangkas perkiraan pertumbuhan AS pada 2021 dengan poin penuh, menjadi enam persen, dari tujuh persen pada Juli -tingkat yang dipandang sebagai laju terkuat sejak 1984.
 
Pertumbuhan AS dapat menyusut lebih jauh, kata IMF, karena perkiraannya mengasumsikan bahwa Kongres AS yang terpecah akan menyetujui infrastruktur dan belanja sosial yang diusulkan Presiden Joe Biden senilai USD4 triliun selama satu dekade.
 
Anggota parlemen sekarang mencoba untuk mencapai konsensus pada paket yang lebih kecil. IMF mengatakan pengurangan yang signifikan akan mengurangi prospek pertumbuhan untuk Amerika Serikat dan mitra dagangnya.
 
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif