Alipay. Foto ; AFP.
Alipay. Foto ; AFP.

Induk Usaha Alipay Bisa Jadi IPO Terbesar Lampaui Saudi Aramco

Ekonomi alibaba tiongkok ipo
Arif Wicaksono • 25 Oktober 2020 15:02
Shanghai: Grup Ant Tiongkok dapat mengumpulkan hingga USD17,3 miliar di Shanghai dari kemungkinan pencatatan ganda atau double listing sebesar USD35 miliar, yang terbesar di dunia. Hal ini dilakukan setelah beberapa investor besar mengajukan tawaran dalam kisaran 68 yuan hingga 69 yuan per saham.
 
Pencatatan secara bersamaan di Hong Kong dan Shanghai dari raksasa teknologi keuangan Tiongkok, yang didukung oleh raksasa e-commerce Alibaba, akan mengalahkan IPO terbesar sebelumnya di dunia sebesar USD29,4 miliar milik Saudi Aramco Desember lalu.
 
"Ini pertama kalinya harga untuk daftar sebesar itu -terbesar dalam sejarah manusia -ditentukan di luar New York City," kata Jack Ma pada Bund Summit di pusat keuangan timur Shanghai dikutip dari Channel News Asia, Minggu, 25 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian seseorang yang mengetahui langsung masalah tersebut mengatakan bahwa banyak fund manager besar Tiongkok telah mengajukan penawaran untuk saham Ant dalam listing di STAR Market bergaya Nasdaq di Shanghai dengan harga masing-masing hampir 69 yuan (USD10,32).
 
Dengan 69 yuan per saham, Ant dapat mengumpulkan hingga 115,3 miliar yuan (USD17,3 miliar) di tahap Shanghai, menilai perusahaan secara keseluruhan hingga 2,1 triliun yuan (USD314 miliar), sebelum greenshoe 15 persen atau lebih. Opsi -allotment dapat dilakukan.
 
Berdasarkan aturan pasar lokal, harga akhir untuk IPO, yang juga akan menjadi pencatatan ganda pertama di Hong Kong didasarkan pada acuan dari investor besar. Orang-orang tersebut menolak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara dengan media. Sementara itu, pihak Ant menolak berkomentar tentang harga.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif