Janet Yellen. Foto: AFP/Brendan.
Janet Yellen. Foto: AFP/Brendan.

Bakal Jadi Menkeu AS, Ini 5 Fakta tentang Janet Yellen

Ekonomi amerika serikat Ekonomi Amerika joe biden Pilpres AS 2020
Ade Hapsari Lestarini • 24 November 2020 10:01
Washington: Presiden Joe Biden berencana mencalonkan mantan Ketua Federal Reserve (The Fed) Janet Yellen untuk menjadi Menteri Keuangan (Menkeu) berikutnya.
 
Melansir Forbes, Selasa, 24 November 2020, Yellen akan menjadi wanita pertama yang memimpin bank sentral AS dan wanita pertama yang memimpin Dewan Penasihat Ekonomi Gedung Putih.
 
Jika dia dinominasikan dan dikonfirmasi oleh Senat sebagai Menteri Keuangan, dia juga akan menjadi wanita pertama yang menjabat dalam peran itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kali Pertama, Menkeu AS akan Dijabat Seorang Perempuan
 
Berikut lima fakta tentang Janet Yellen.

1. Stabilkan ekonomi AS.

Jika dia dicalonkan dan dikonfirmasi, Yellen akan dihadapkan dengan tugas menstabilkan ekonomi Amerika yang terguncang akibat pandemi korona. Stabilitas ini juga terjadi di tengah kemacetan undang-undang stimulus di Washington.

2. Konservatif.

Dia dipandang sebagai 'pilihan jalan tengah jalan', cukup konservatif untuk Partai Republik tetapi cukup liberal untuk Demokrat.

3. Diterima semua elemen.

Pekan lalu, Biden mengatakan bahwa pilihannya dalam memilih Menteri Keuangan adalah "seseorang yang akan diterima oleh semua elemen Partai Demokrat, dari koalisi progresif hingga moderat".

4. Bukan ancaman.

Yellen adalah pendukung regulasi keuangan, termasuk undang-undang Dodd-Frank yang diperkenalkan pada 2010 untuk mereformasi sistem perbankan setelah krisis keuangan. Dia tidak dipandang sebagai ancaman utama bagi pengusaha besar di Wall Street.

5. Pejuang stimulus.

Selain itu, dia juga mendorong langkah-langkah stimulus tambahan selama krisis virus korona. Yellen mengatakan kepada Bloomberg TV bulan lalu bahwa: "Kami membutuhkan dukungan untuk ekonomi dari kebijakan moneter dan fiskal". Selain langkah-langkah kesehatan masyarakat yang lebih efektif untuk mengendalikan virus.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif