Ilustrasi pemulihan ekonomi global - - Foto: RBS
Ilustrasi pemulihan ekonomi global - - Foto: RBS

Pemulihan Ekonomi Global Usai Pandemi Berbentuk Huruf K

Ekonomi Bank Dunia Pertumbuhan Ekonomi ekonomi global pandemi covid-19
Eko Nordiansyah • 15 Oktober 2020 10:52
Jakarta: Bank Dunia memprediksi pemulihan ekonomi global pascapandemi covid-19 akan berbentuk seperti huruf K. Artinya akan terjadi perbedaan pemulihan ekonomi antara negara-negara maju dengan negara-negara miskin.
 
Presiden Bank Dunia David Malpass mengatakan negara-negara ekonomi maju telah mampu memberikan dukungan terutama bagi pasar keuangan dan bagi masyarakat untuk bekerja dari rumah.

 
"Tetapi orang-orang yang berada di ekonomi informal telah kehilangan pekerjaan mereka, dan bergantung pada program perlindungan sosial," katanya dalamkonferensi pers Annual Meetings 2020, Kamis, 15 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara bagi negara berkembang, terutama negara termiskin diprediksi akan tetap mengalami kemerosotan seperti garis ke bawah dalam huruf K. Pasalnya, Malpass menilai orang-orang di negara termiskin akan kehilangan pekerjaan dan pendapatan mereka.
 
"Resesi atau depresi yang semakin parah yang dihadapi orang-orang di negara termiskin karena hilangnya pekerjaan, hilangnya pendapatan, dan juga hilangnya pengiriman uang dari pekerja yang bekerja di luar negeri," ungkapnya.
 
Oleh karena itu, Bank Dunia saat ini berupaya mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh negara-negara termiskin dalam memberi dukungan kepada mereka. Termasuk dukungan ekstra bagi perlindungan sosial serta tantangan di sektor pertanian.
 
"Kami menyambut baik negara-negara yang tetap membuka pasar ekspor mereka, dan juga negara-negara yang mampu mengubah sistem subsidi mereka untuk memungkinkan lebih banyak ketersediaan pangan dalam perekonomian mereka selama masa yang sangat menantang ini," pungkas dia.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif