Ilustrasi. Foto: dok MI/Andri.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Andri.

Asia Pasifik Terancam, ADB Lebih Fokus pada Ketahanan Perubahan Iklim

Ekonomi perubahan iklim Asian Development Bank (ADB) sdg
Ade Hapsari Lestarini • 05 Mei 2021 08:20
Manila: Bank Pembangunan Asia (ADB) berjanji untuk lebih fokus pada adaptasi dan ketahanan terhadap perubahan iklim dalam menanggapi ancaman besar yang dihadapi Asia Pasifik.
 
Presiden ADB Masatsugu Asakawa mengatakan kawasan Asia-Pasifik mengalami peningkatan tajam dalam guncangan dan tekanan iklim.
 
Banjir, kekeringan, siklon, dan tekanan panas sudah berdampak pada mata pencaharian, pangan, dan ketahanan air, serta kesehatan jutaan orang. Terutama populasi yang rentan termasuk wanita dan anak-anak serta yang termiskin dari yang miskin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Demikian disampaikan Asakawa dalam webinar pertemuan tahunan ADB ke-54, dilansir dari Xinhua, Rabu, 5 Mei 2021. Ia menambahkan, lebih dari 60 persen masyarakat di kawasan itu bekerja di sektor-sektor yang sangat rentan terhadap perubahan pola cuaca.
 
"Kita harus berinvestasi lebih banyak dalam adaptasi iklim. Kita sekarang hampir mendekati titik di mana tindakan bisa datang terlalu sedikit, terlalu terlambat," kata Asakawa.
 
Pertemuan tersebut membahas cara-cara pemulihan hijau, tangguh, dan inklusif dapat mendorong pertumbuhan ekonomi sambil beralih ke masyarakat emisi nol-bersih, wawasan dari negara-negara yang telah merangkul rencana iklim nasional jangka panjang, dan peran penting keuangan dalam iklim global.
 
ADB mengatakan langkahnya untuk meningkatkan adaptasi dan investasi ketahanan akan mencakup solusi berbasis alam seperti bakau untuk ketahanan pesisir, infrastruktur terkait pengelolaan risiko banjir, dan praktik mata pencaharian cerdas iklim.
 
Tindakan ini akan melengkapi target pendanaan iklim ADB yang ambisius untuk memastikan bahwa 75 persen dari jumlah total operasi ADB mendukung aksi iklim dan sumber pendanaan iklim ADB sendiri mencapai USD80 miliar pada 2030.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif