Ilustrasi. Foto : AFP.
Ilustrasi. Foto : AFP.

Tiongkok akan Kendalikan Shadow Banking

Ekonomi china tiongkok
Arif Wicaksono • 15 Juli 2020 12:06
Beijing: Tiongkok akan menindak lebih lanjut kegiatan ilegal di sektor perbankan bayangan atau shadow banking sebagai bagian dari upaya mengendalikan risiko keuangan. Hal ini dikatakan oleh otoritas perbankan negara Tirai Bambu itu.
 
Dikutip dari Xinhua, Rabu, 15 Juli 2020, Komisi Regulasi Perbankan dan Asuransi Tiongkok telah menemukan masalah bahwa aksi ini termasuk pelanggaran aturan manajemen aset baru selama inspeksi. Serta mendesak semua bank dan perusahaan asuransi untuk memperbaiki masalah yang terungkap.
 
Tiongkok telah meningkatkan upaya dalam beberapa tahun terakhir untuk mengatur sektor perbankan bayangan. Perbankan bayangan sering merujuk pada kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan keuangan di luar sektor perbankan formal, dan karenanya tunduk pada tingkat pengawasan peraturan yang lebih rendah dan risiko yang lebih tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tingkat shadow banking di Tiongkok telah turun 16 triliun yuan (sekitar USD2,29 triliun) selama tiga tahun terakhir, kata komisi itu pada Mei. Komisi itu akan terus memperkuat pengawasan sektor ini.
 

 


 

(SAW)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif