Foto: AFP.
Foto: AFP.

Uni Eropa Gagal Sepakati Pemulihan Ekonomi Dampak Covid-19

Ekonomi Virus Korona uni eropa
Marcheilla Ariesta • 08 April 2020 21:07
Brussel: Menteri keuangan negara-negara Uni Eropa gagal mengamankan kesepakatan pemulihan ekonomi yang terkena dampak buruk pandemi virus korona (covid-19). Tidak tercapainya kesepakatan disampaikan Ketua Eurogroup, Mario Centeno, dalam akun Twitter.
 
"Setelah 16 jam diskusi, kami hampir mencapai kesepakatan, tapi ternyata kami belum bisa mencapainya," kata Centeno, dilansir dari Deutsche Welle, Rabu, 8 April 2020.
 
"Saya menangguhkan pembahasan ini, dan akan melanjutkannya Kamis mendatang. Tujuan saya tetap, yakni untuk mengamankan Uni Eropa yang terkena dampak kuat covid-19," imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Negara-negara zona Eropa sebagian besar terpecah dalam pembagian utara-selatan. Italia dan Spanyol mempelopori upaya secara kolektif menjamin utang dalam bentuk apapun, yang disebut dengan coronabonds.
 
Tapi hal tersebut ditolak mentah-mentah oleh Jerman dan Belanda. Sebagai gantinya, Jerman mengusulkan menggunakan instrumen krisis yang dikenal sebagai European Stability Mechanism (ESM) untuk memberikan kredit kepada negara-negara yang paling terkena dampak.
 
Namun, sejak awal ESM membutuhkan komitmen keras untuk reformasi ekonomi dan keuangan yang luas. Menteri Keuangan Jerman Olaf Scholz mendesak negara-negara eurozone untuk mengesampingkan perbedaan dan menerima kesepakatan kompromi.
 
"Bersama dengan Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire, saya meminta semua negara zona Eropa untuk tidak menolak menyelesaikan masalah keuangan yang sulit ini," tutur Scholz.
 
Pertemuan negosiasi paket pemulihan ekonomi UE ini akan dilanjutkan kembali pada Kamis 9 April 2020.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif