Meksiko. Foto : AFP.
Meksiko. Foto : AFP.

Pemulihan Ekonomi Meksiko Masih Rapuh

Ekonomi meksiko
Arif Wicaksono • 02 Desember 2020 11:05
Meksiko: Institut Eksekutif Keuangan Meksiko (IMEF) menjelaskan bahwa perekonomian Meksiko menghadapi proses pemulihan yang rapuh dengan kecenderungan melemahnya sektor manufaktur.
 
Dalam analisis ekonomi bulanan, badan swasta tersebut menyoroti bahwa indeks manufaktur IMEF turun 1,1 poin pada November dibandingkan bulan sebelumnya menjadi 48,5 unit. Angka ini tercatat di bawah ambang pertumbuhan 50 poin selama 18 bulan berturut-turut.
 
Sementara itu, indeks non-manufaktur IMEF yang mengantisipasi perilaku sektor jasa, naik 1,5 poin pada November, namun tetap berada di zona kontraksi di bawah 50 selama 10 bulan berturut-turut, di 49,5 unit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hasil indikator IMEF untuk November, bersama dengan informasi tentang situasi, mengonfirmasi berlanjutnya tren kenaikan dalam kegiatan ekonomi, tetapi pemulihan goyah dan tampaknya melemah," kata lembaga itu dikutip dari Xinhua, Rabu, 2 Desember 2020.
 
"Ini terlihat jelas di sektor manufaktur, yang setelah rebound kuat di bulan sebelumnya, di November menunjukkan koreksi ke bawah, meski trennya terus naik," imbuh lembaga yang mengumpulkan para pengelola keuangan dari perusahaan-perusahaan terkemuka.
 
Menurut IMEF, pemulihan ekonomi Meksiko masih jauh dari tingkat pra-pandemi, dan terus berjuang dengan rekor keruntuhan aktivitas, terutama di April dan Mei, karena lockdown.
 
"Tiga indikator utama yang mengalami penurunan tajam pada paruh pertama tahun ini termasuk investasi tetap bruto, konsumsi swasta dalam negeri dan produksi industri, " kata lembaga itu.  

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif