Tiongkok. Foto : AFP/Greg Baker,.
Tiongkok. Foto : AFP/Greg Baker,.

Tiongkok akan Beri Donasi Tambahan USD30 Juta ke WHO

Ekonomi tiongkok WHO
Arif Wicaksono • 23 April 2020 21:05
Beijing: Tiongkok mengumumkan akan memberikan dana tambahan sebesar USD30 juta lagi kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk membantu dalam perang global melawan pandemi virus korona beberapa hari setelah Washington mengatakan akan membekukan pendanaan.
 
Dikutip dari Channel News Asia, Kamis 23 April 2020, Amerika Serikat (AS), yang merupakan kontributor terbesar WHO, menuduh organisasi itu pekan lalu salah mengatur krisis covid-19, sehingga menarik kemarahan Beijing ketika kedua negara itu berdebat tentang virus mematikan itu.
 
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Geng Shuang mengatakan sumbangan baru itu akan menjadi tambahan USD20 juta yang telah dilakukan sebelumnya, dan akan membantu memperkuat sistem kesehatan negara-negara berkembang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan bahwa kontribusi Tiongkok kepada badan PBB mencerminkan dukungan dan kepercayaan dari pemerintah Tiongkok dan orang-orang untuk WHO.
 
Dalam mengumumkan pembekuan dana pekan lalu, Presiden AS Donald Trump menuduh WHO menutupi keseriusan wabah coronavirus di Tiongkok sebelum menyebar. Dia juga menuduh WHO sangat Tiongkok-sentris, meskipun AS telah menggelontorkan dana besar.
 
Menurut Trump, pembayar pajak AS menyediakan antara USD400 juta dan USD500 juta per tahun untuk WHO, sementara sebaliknya, Tiongkok hanya menyumbang sekitar USD40 juta per tahun. Trump juga mengklaim wabah itu bisa dikandung dengan jumlah kematian sangat sedikit seandainya WHO menilai situasi di Tiongkok secara akurat.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif