Ilustrasi. AFP PHOTO/GREG BAKER
Ilustrasi. AFP PHOTO/GREG BAKER

ECB: Pemulihan Ekonomi Tiongkok Relatif Cepat

Ekonomi Virus Korona ekonomi china tiongkok
Angga Bratadharma • 23 September 2020 10:03
Frankfurt: Bank sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) mengungkapkan ekonomi Tiongkok mengalami pemulihan yang relatif cepat setelah mencapai titik terendah pada kuartal pertama 2020 karena pandemi covid-19. Kondisi itu sejalan dengan langkah Tiongkok yang berhasil memusnahkan pandemi.
 
Mengutip artikel yang diterbitkan ECB, dilansir dari Xinhua, Rabu, 23 September 2020, aktivitas ekonomi Tiongkok naik dari sekitar 20 persen dari level normal pada Februari 2020 menjadi 90 persen dalam rentang waktu hanya tiga bulan. Demikian disampaikan analis ECB dalam artikel tersebut, mengutip data dan indikator ekonomi non-konvensional.
 
Artikel tersebut menemukan bahwa sektor manufaktur rebound lebih awal daripada sektor jasa. Sementara sektor manufaktur dan konstruksi kembali ke kapasitas hampir penuh selama Mei. Sektor jasa seperti pariwisata, perjalanan bisnis, serta acara budaya dan olahraga yang terkait dengan interaksi fisik yang erat, tetap di bawah kapasitas sebelum wabah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa komponen permintaan domestik juga menunjukkan tanda-tanda penguatan. Ini menyoroti pertumbuhan penjualan mobil, yang mungkin mencerminkan pergeseran dari transportasi umum untuk pelanggan pribadi. Serta peningkatan penjualan kendaraan komersial seperti truk dan kendaraan konstruksi di tengah meningkatnya belanja infrastruktur.
 
Para analis mengatakan, dalam waktu dekat prospek ekonomi Tiongkok akan bergantung pada ketahanan permintaan domestik. Hal ini sejalan dengan peningkatan ketidakpastian dan perkembangan lingkungan eksternal, termasuk pemulihan mitra dagang utama.
 
Artikel itu mencatat ketidakpastian tetap bersumber pada kurva infeksi covid-19 dan ketersediaan solusi medis. "Mengingat peran Tiongkok yang meningkat dalam menentukan pertumbuhan global, faktor ketidakpastian seputar pemulihan Tiongkok adalah yang paling penting bagi prospek ekonomi dunia."

 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif