Ilustrasi. FOTO: Cairo Post
Ilustrasi. FOTO: Cairo Post

Pandemi Covid-19, Bank Dunia-IMF Adakan Pertemuan Daring di April

Ekonomi Bank Dunia IMF ekonomi dunia ekonomi global IMF-World Bank
Antara • 21 Januari 2021 10:25
Washington: Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) telah sepakat untuk mengadakan pertemuan musim semi mereka, yang direncanakan pada 5-11 April 2021, secara daring. Keputusan itu diambil karena kekhawatiran berkelanjutan tentang pandemi virus korona.
 
Mengutip Antara, Kamis, 21 Januari 2021, pertemuan tersebut biasanya menghadirkan sekitar 10 ribu pejabat pemerintah, jurnalis, pebisnis, dan perwakilan masyarakat sipil dari seluruh dunia ke area dua blok yang padat di Washington yang menjadi markas mereka. Ini akan menjadi pertemuan tengah tahunan ketiga institusi yang diadakan secara virtual karena pandemi.
 
Sebelumnya, Bank Dunia menyarankan upaya penanganan pandemi sekaligus upaya pemulihan ekonomi di negara berkembang. Prioritas utama yakni menyelamatkan nyawa, kesehatan masyarakat, dan keselamatan.
 
Presiden Bank Dunia David Malpass mengatakan upaya tersebut melibatkan prosedur yang telah banyak dibahas tentang menjaga jarak sosial dan menggunakan masker. Artinya penerapan protokol kesehatan penting untuk mencegah, selain perawatan bagi orang yang telah terjangkit.
 
"Serta perawatan kesehatan yang tepat jika orang tertular virus, penguatan sistem rumah sakit, dan sebagainya. Semua itu penting," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan upaya selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mencegah terjadinya penurunan ekonomi secara berkepanjangan. Namun Malpass menyebut, tidak akan ada peningkatan yang cepat dalam hal pariwisata, seperti yang diinginkan banyak negara.
 
Menurut dia, diperlukan fleksibilitas dalam pemulihan ekonomi, sehingga orang dapat pindah ke pekerjaan dan posisi baru. Dengan begitu, negara dapat dipersiapkan untuk menghadapi ekonomi global pasca covid, karena kehidupan akan berbeda setelahnya.
 
"Kami tahu ini akan berbeda dari ekonomi sebelum covid. Kami tidak tahu persis bagaimana dan itu hanya akan berkembang seiring waktu. Jadi, membuat negara mempertahankan beberapa industri dan bisnis inti mereka, dan kemudian menjaga kebersamaan keluarga," pungkas dia. 
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif