Warren Buffett. Foto : AFP.
Warren Buffett. Foto : AFP.

Kuartal I, Pendapatan Perusahaan Konglomerat Waren Buffet Turun 53%

Ekonomi asuransi Emiten Saham keuangan investasi Wall Street Pasar Modal
Arif Wicaksono • 03 Mei 2022 15:38
Ohama: Berkshire Hathaway, konglomerat asuransi dan investasi yang dijalankan oleh miliarder dan legenda investasi Warren Buffett melaporkan penurunan laba bersih yang signifikan pada kuartal pertama.
 
Dikutip dari Business Times, Selasa, 3 Mei 2022, laba perusahaan, yang memiliki beragam brand dari perusahaan asuransi mobil Geico hingga rantai es krim Dairy Queen, turun menjadi USD5,4 miliar atau turun 53 persen dari hampir USD12 miliar yang diperolehnya dalam tiga bulan yang sama tahun lalu. Laba tersebut juga lebih rendah dari USD6 miliar yang diperkirakan para analis.
 
Namun, sebagian besar penurunan didorong oleh portofolio saham besar Berkshire, yang kehilangan hampir USD1,6 miliar dalam tiga bulan pertama tahun ini, turun dari kenaikan hampir USD5 miliar pada kuartal pertama 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penurunan itu mencerminkan penurunan kinerja pasar saham secara umum, yang mengalami bulan terburuk dalam dua tahun di April, dan telah terseret oleh kekhawatiran investor tentang meningkatnya inflasi dan ketidakpastian yang disebabkan oleh perang Ukraina dan dampak pandemi yang berkepanjangan pada rantai pasokan global. Laporan pendapatan keluar ketika perusahaan mengadakan pertemuan tahunan secara langsung untuk pertama kalinya sejak awal pandemi.
 
Buffett mengatakan bahwa Berkshire telah membeli saham perusahaan video game Activision Blizzard sejak Microsoft mengumumkan rencananya untuk membeli Activision dengan memegang 9,5 persen saham di perusahaan tersebut.
 
Pengajuan keuangan perusahaan juga menunjukkan bahwa Berkshire telah secara dramatis meningkatkan investasinya di perusahaan minyak raksasa Chevron menjadi hampir USD26 miliar pada akhir kuartal pertama, naik dari hanya USD4,5 miliar pada akhir 2021.
 
Itu menjadikan Chevron Berkshire perusahaan terbesar keempat. memegang, di belakang Apple, Bank of America dan American Express. Buffett baru-baru ini membuat taruhan besar di sektor energi. Bulan lalu, perusahaan juga membeli saham Occidental Petroleum senilai USD7 miliar.
 
Penjualan dan keuntungan di bisnis operasi Berkshire terus meningkat pada kuartal tersebut, melawan kontraksi keseluruhan dalam ekonomi AS pada kuartal pertama.
 
Namun, para ekonom mengatakan bahwa penurunan produk domestik bruto menyembunyikan beberapa kekuatan mendasar dalam ekonomi AS, dan hasil operasi Berkshire mendukungnya.
 
Laba di bisnis manufaktur dan ritel Berkshire naik 16 persen dari periode yang sama tahun lalu. Laba di perusahaan kereta api Burlington Northern, salah satu jaringan pengangkutan terbesar di Amerika Serikat, naik sembilan persen, sekali lagi mencerminkan aktivitas bisnis yang berkelanjutan.
 
Buffett, dalam menjawab pertanyaan pemegang saham pada pertemuan itu, mengkritik Wall Street. Dia mengatakan pasar saham menyerupai 'ruang judi' dalam beberapa tahun terakhir, menambahkan bahwa perilaku spekulatif didorong oleh Wall Street.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif