Presiden Tiongkok Xi Jinping. FOTO: AFP
Presiden Tiongkok Xi Jinping. FOTO: AFP

Ini Kata Presiden Xi Jinping di Forum Ekonomi Dunia

Ekonomi forum ekonomi dunia Virus Korona ekonomi china tiongkok ekonomi dunia ekonomi global world economic forum
Angga Bratadharma • 27 Januari 2021 08:23
Davos: Presiden Tiongkok Xi Jinping mendesak komunitas internasional untuk mengesampingkan perbedaan mereka. Xi Jinping memperingatkan bahwa sejarah telah menunjukkan negara-negara yang memilih untuk melakukannya sendiri akan selalu gagal.
 
Berbicara melalui konferensi video saat berpidato di Forum Ekonomi Dunia tahunan, Xi membahas tantangan global seperti pandemi virus korona dan darurat iklim. "Saat kita mengatasi krisis saat ini dan berusaha untuk membuat hari yang lebih baik bagi semua orang, kita perlu bersatu dan bekerja sama," ucapnya, dilansir dari CNBC International, Rabu, 27 Januari 2021.
 
"Kami telah berkali-kali diperlihatkan mengemis kepada sesamamu, melakukannya sendiri dan menyelinap ke dalam isolasi yang sombong akan selalu gagal. Mari kita semua bergandengan tangan dan biarkan multilateralisme menerangi jalan kita menuju komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia," tambah Xi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Komentar tersebut muncul kurang dari seminggu setelah pelantikan Presiden AS Joe Biden, dengan pengamat eksternal memantau secara cermat bagaimana perubahan dalam kepemimpinan AS dapat memengaruhi hubungan diplomatik yang tegang antara AS dan Tiongkok.
 
Biden diperkirakan mempertahankan tekanan terhadap Beijing atas berbagai masalah, termasuk hak asasi manusia, kebijakan perdagangan, sengketa wilayah, dan pertanyaan tentang tanggapan awal Tiongkok terhadap pandemi virus korona. Kondisi itu yang membuat ketegangan kedua negara masih belum mereda signifikan.
 
Terlepas dari itu, berbicara di forum untuk pertama kalinya sejak 2017, Xi sekali lagi mempromosikan pendekatan multilateral dalam urusan internasional. Dirinya mendorong agar ada persatuan dan kesatuan serta menghindari terjadinya perpecahan di dunia.
 
"Membangun lingkaran kecil atau memulai Perang Dingin baru, mengancam atau mengintimidasi orang lain, dengan sengaja memberlakukan pemisahan, memberikan gangguan atau sanksi, dan menciptakan isolasi hanya akan mendorong dunia ke dalam perpecahan dan bahkan konfrontasi," kata Xi, tanpa menyinggung negara atau kepala negara lain.
 
"Kita tidak dapat mengatasi tantangan bersama di dunia yang terpecah dan konfrontasi akan membawa kita ke jalan buntu," pungkasnya.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif