Ilustrasi. FOTO: Haidar Mohammed Ali/AFP
Ilustrasi. FOTO: Haidar Mohammed Ali/AFP

Harga Minyak Dunia Naik di Tengah Optimisme Pasar

Ekonomi Minyak Mentah
Angga Bratadharma • 16 Juni 2021 08:02
New York: Harga minyak dunia bergerak naik pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB), didukung oleh sentimen positif di pasar. Sejauh ini negara produsen utama minyak terus berupaya menjaga agar harga minyak dunia tidak kembali jatuh dengan menjaga stok yang disesuaikan dengan kebutuhan.
 
Mengutip Xinhua, Rabu, 16 Juni 2021, West Texas Intermediate untuk pengiriman Juli naik USD1,24 menjadi USD72,12 per barel di New York Mercantile Exchange. Minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus naik USD1,13 menjadi USD73,99 per barel di London ICE Futures Exchange.
 
"Kami menganggap berlanjutnya berita baik di sisi permintaan dan sentimen optimistis di pasar keuangan sebagai alasan utama kenaikan terbaru," kata Analis Energi Commerzbank Research Eugen Weinberg.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ujian (mendasar) penting untuk pasar minyak dan kinerja harga selanjutnya belum datang, karena ada ketidakpastian baik di sisi permintaan dan pasokan. Potensi kenaikan jelas tidak terbatas di pasar minyak," tambahnya.
 
Di sisi lain, bursa saham Amerika Serikat (AS) terpantau bergerak melemah pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB), dengan para investor menyaring data ekonomi terbaru. Sejauh ini Pemerintah AS terus berupaya memacu roda perekonomian melalui program vaksinasi covid-19.
 
Indeks Dow Jones Industrial Average turun sebanyak 94,42 poin atau 0,27 persen menjadi 34.299,33. Sedangkan indeks S&P 500 kehilangan 8,56 poin atau 0,20 persen menjadi 4.246,59. Kemudian indeks Komposit Nasdaq turun 101,29 poin atau 0,71 persen menjadi 14.072,86.
 
Sebanyak tujuh dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir di area merah, dengan sektor real estat memimpin penurunan 1,03 persen. Sedangkan sektor energi melonjak 2,06 persen, menjadi kelompok berkinerja terbaik.
 
Perusahaan Tiongkok yang terdaftar di AS diperdagangkan sebagian besar lebih rendah dengan sembilan dari 10 saham teratas menurut indeks S&P AS Listed Tiongkok 50 mengakhiri hari dengan catatan suram.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif