Australia. Foto : AFP.
Australia. Foto : AFP.

Tingkat Pengangguran Australia Naik Lagi

Ekonomi pengangguran australia
Arif Wicaksono • 19 November 2020 19:18
Canberra: Tingkat pengangguran Australia sedikit meningkat di Oktober. Menurut data yang dirilis oleh Biro Statistik Australia (ABS) level pengangguran naik 0,1 persen dari 6,9 persen pada September menjadi tujuh persen pada Oktober. Namun, jumlah pekerja Australia naik 178.800 atau 1,4 persen, serta jumlah jam kerja naik 1,2 persen.
 
Kepala Statistik Tenaga Kerja ABS Bjorn Jarvis mengatakan kenaikan pengangguran disebabkan oleh kenaikan 0,9 persen jumlah warga Australia yang mencari pekerjaan. ABS hanya mempertimbangkan seseorang yang menganggur jika mereka secara aktif mencari pekerjaan.
 
"Jumlah orang yang secara aktif mencari pekerjaan dan siap untuk mulai bekerja meningkat pada Oktober," kata Jarvis dikutip dari Xinhua, Kamis, 19 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ditambah dengan peningkatan yang kuat dalam pekerjaan, tingkat partisipasi (pencari kerja) meningkat hampir seluruh persentase poin di Oktober menjadi hanya 0,1 poin persentase di bawah Maret.
 
"Peningkatan kuat ini berarti bahwa lapangan kerja di Oktober hanya 1,7 persen di bawah Maret, dan mencerminkan arus besar orang dari luar angkatan kerja untuk kembali bekerja," jelas dia.
 
Di Victoria, tempat penguncian ketat virus korona yang berlangsung lebih dari 100 hari berakhir pada Oktober, lapangan kerja meningkat 2,5 persen dan tingkat partisipasi meningkat dua persen.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif