Amerika Serikat. Foto : AFP.
Amerika Serikat. Foto : AFP.

Menurun, Level Pengangguran AS Capai 10,2% di Juli

Ekonomi pengangguran
Arif Wicaksono • 09 Agustus 2020 10:40
Washington: Biro Statistik Tenaga Kerja AS mencatat ada tambahan 1,8 juta pekerjaan pada Juli. Tingkat pengangguran turun menjadi 10,2 persen di tengah upaya pembukaan kembali operasi bisnis di tengah pandemi korona.
 
"Perbaikan di pasar tenaga kerja ini mencerminkan berlanjutnya aktivitas ekonomi yang telah dibatasi karena pandemi virus corona (covid-19) dan upaya untuk menahannya," kata biro tersebut dikutip dari Xinhua, Minggu, 9 Agustus 2020.
 
Peningkatan lapangan kerja terbesar pada Juli terjadi di rekreasi dan perhotelan, pemerintahan, perdagangan ritel, layanan profesional dan bisnis, layanan lain, dan perawatan kesehatan, menurut laporan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini menandakan perekonomian mulai membaik karena tingkat pengangguran sebelumnya melonjak ke rekor 14,7 persen pada April. Levelnya sempat mencapai 13,3 persen di Mei dan terus turun menjadi 11,1 persen di Juni karena bisnis secara bertahap dibuka kembali di seluruh negeri.
 
Laporan pekerjaan datang satu hari setelah departemen tenaga kerja melaporkan jumlah klaim pengangguran awal di Amerika Serikat telah turun menjadi 1,186 juta minggu lalu, menyusul peningkatan selama dua minggu berturut-turut di tengah kebangkitan kembali kasus covid-19.
 
Dengan angka terbaru, lebih dari 55 juta klaim pengangguran awal telah diajukan selama 20 minggu terakhir, menunjukkan dampak ekonomi yang meningkat terkait dengan pandemi.
 
Tunjangan pengangguran mingguan tambahan USD600 untuk setiap pengangguran, yang menguntungkan hampir 30 juta orang Amerika, berakhir pekan lalu, karena anggota parlemen dari Partai Republik dan Demokrat gagal mencapai kesepakatan mengenai RUU bantuan covid-19 .

 
(SAW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif