Jerman. Foto : AFP.
Jerman. Foto : AFP.

Indeks Iklim Bisnis Jerman Mulai Pulih

Ekonomi jerman
Arif Wicaksono • 26 Mei 2020 09:03
Berlin: Indeks iklim bisnis Jerman kembali pulih pada Mei 2020, naik menjadi 79,5 poin dari 74,2 poin pada April. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Institut Ifo Jerman.
 
Indeks bulanan mencerminkan sentimen ekonomi sekitar 9.000 eksekutif perusahaan Jerman. Perusahaan yang disurvei menilai situasi bisnis mereka saat ini serta harapan mereka untuk enam bulan ke depan.
 
"Sentimen di antara perusahaan-perusahaan Jerman telah pulih sedikit setelah beberapa bulan mengalami bencana," kata Ifo Institute dikutip dari Xinhua, Selasa, 26 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun perusahaan menilai situasi mereka saat ini sedikit lebih buruk dari harapan mereka, namun untuk beberapa bulan mendatang telah meningkat secara signifikan.
 
"Indeks untuk sektor manufaktur Jerman naik cukup tinggi," lapor Ifo.
 
Sementara penilaian situasi saat ini terus memburuk, peningkatan keseluruhan karena harapan perusahaan yang jauh lebih baik.
 
Iklim bisnis di sektor jasa pulih terutama dari rekor terendahnya pada April, yang juga terutama merupakan hasil dari kenaikan ekspektasi yang kuat.
 
Sektor perdagangan juga mengalami pemulihan dalam situasi saat ini. Indeks iklim bisnis untuk sektor ini naik secara substansial.
 
Menurut Ifo Institute, pelonggaran lockdown, diterapkan di Jerman untuk meningkatkan sentimen di kalangan pengecer pada khususnya.
 
Setelah menurun selama tujuh bulan berturut-turut, indeks untuk sektor konstruksi Jerman naik karena peningkatan harapan yang belum pernah terjadi sebelumnya.
 
"Namun, perusahaan konstruksi menilai situasi mereka saat ini agak lebih buruk," catat Ifo Institute.
 
Terlepas dari kenaikan umum dari indeks iklim bisnis yang terdiri dari semua sektor, banyak perusahaan Jerman masih pesimistis tentang bisnis mereka. Namun, menurut Ifo Institute pelonggaran kuncian secara bertahap menawarkan secercah harapan.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif